Senin, 28 Juli 2014

Cara terbaik melakukan pelimpahan jasa



Cara terbaik melakukan pelimpahan jasa

Setelah almarhum terlahir ke Alam Sukhavati, terhadap persoalan pelimpahan jasa, haruslah dengan melafal Amituofo dan bervegetarian sebagai yang terutama (menjalankan sila tidak minum arak, tidak makan daging dan sayuran berbau tajam). Jika ingin memupuk jasa kebajikan besar, maka undanglah beberapa anggota Sangha untuk membantu melafal Amituofo. Berapa lama diadakan, juga tergantung pada keadaan keuangan sendiri barulah diputuskan.

Terhadap pelafalan Amituofo melimpahan jasa kepada almarhum, sebaiknya sanak keluarga juga ikut menghadirinya, karena ada kaitan jalinan persaudaraan, tentu saja saat melafal Amituofo ketulusan yang muncul lebih kuat daripada orang lainnya. Untuk urusan melafal Amituofo, tak peduli itu adalah anggota Sangha maupun umat awam, asalkan memiliki ketulusan hati, maka jasa kebajikannya akan besar.

Setiap hari jasa kebajikan dari melafal Amituofo dilimpahkan kepada almarhum agar almarhum terlahir ke Alam Sukhavati. Andaikata almarhum telah terlahir ke Alam Sukhavati, maka pelimpahan jasa akan mempertinggi tingkatan bunga teratainya; jika belum terlahir ke Alam Sukhavati, dengan mengandalkan kekuatan dari pelimpahan jasa kebajikan melafal Amituofo, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Orang awam selalu menempatkan pembacaan sutra, upacara pertobatan dan upacara kebaktian lainnya sebagai hal yang istimewa, sementara pelafalan Amituofo sebagai hal yang biasa saja, ini adalah orang yang tidak tahu akan Buddha Dharma, di dalam Amitayurdhyana Sutra dikatakan bahwa : “Melafal sepatah Amituofo dapat melenyapkan karma buruk berat tumimbal lahir yang diperbuat selama delapan miliar kalpa besar”, siapa yang berani mengatakan bahwa pelafalan Amituofo cuma hal yang biasa-biasa saja?

Dan lagi di dalam Amitayurdhyana Sutra, pada kelahiran pada bunga teratai tingkatan bawah bagian atas, dikatakan bahwa : “Mendengar 12 judul sutra, mengeliminasi seribu kalpa karma buruk berat, melafal sepatah Amituofo, mengeliminasi lima juta kalpa besar karma buruk berat tumimbal lahir”.  Dan katanya lagi : “Asalkan dapat mendengar nama Buddha Amitabha, menghapus karma buruk tumimbal lahir selama kalpa besar yang tak terhingga”. Ini adalah kalimat yang tercantum dalam sutra sehingga ada buktinya, bukan omong kosong belaka, dengan demikian jika dibandingkan, dapat diketahui jasa kebajikan dari melafal Amituofo merupakan yang terbesar.

Sedangkan pembacaan sutra, upacara pertobatan dan upacara kebaktian lainnya, asalkan ada ketulusan hati maka jasa kebajikannya juga sangat besar, tetapi sayangnya orang jaman sekarang, yang berhati tulus jumlahnya sangat sedikit, Master Yin Guang berkata : “Anggota Sangha masa kini, hanyalah sebuah penampilan luar saja, tidak berlaku benar, hanya membuat sebuah upacara kelihatannya bagus saja, semu. Sedangkan untuk pelafalan Amituofo, setiap orang dapat melafalnya, jasa kebajikannya luas dan besar, juga nyata adanya. Jika dapat melimpahkan jasa kebajikan pelafalan Amituofo kepada seluruh makhluk di Dharmadhatu, bersama-sama terlahir ke Alam Sukhavati, maka jasa kebajikan ini akan lebih besar lagi. Terhadap manfaat yang akan diperoleh oleh almarhum, juga akan lebih besar lagi”.

Setelah almarhum terlahir ke Alam Sukhavati, sanak keluarga selama kurun waktu 49 hari, harus bervegetarian melafal Amituofo, menjalankan lima sila (tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berasusila, tidak berbohong, tidak minum minuman keras dan lima jenis sayuran berbau tajam), sehingga baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia, kedua belah pihak pasti akan memperoleh manfaat yang sungguh besar.
 


Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao




   

薦亡的最好辦法

亡人生西方以後,對於薦亡等事,須以念佛吃素為主。(切戒酒肉魚葷。)若是要為著功德大,用場省,最好請幾位僧尼來幫助念佛。日數的多少,又看自己經濟情況怎樣來決定。對於念佛薦亡,最好家屬等多多參加,因為家屬有情愛的關係,念佛比較他人會親切些。念佛無論出家的僧人,或在家的俗人,若有懇切至誠的心,功德就大。凡每日念佛功德,於靈前代亡人回向往生西方。那亡人若是已生西方,亦能增高蓮花的品位;如未往生,也能仗此念佛功德力量的緣故,亦得往生西方。

世俗上的人,大多數都把誦經、拜懺、焰口等事為奇特,念佛作尋常,這些都是不懂佛理的人,觀經上說:「念一句阿彌陀佛,能消除八十億(八百萬)大劫生死的重罪。」誰人敢說念佛是尋常呢?又觀經下品上生文中說:「聽到十二部經首題的名字,消除一千劫極重惡業,念一句阿彌陀佛的名號,消除五百萬大劫生死的罪。」又說:「但能聽到阿彌陀佛的名,除無量大劫生死的罪。」這在經中有根據有證明的,不是空說的,這樣對比起來,就可曉得念佛的功德最大了。凡是誦經、拜懺、焰口等種種法事,若有至誠的心,功德也是很大的,可惜現在的人,至誠的心很少,印光祖師說:「現在的僧人,多是敷衍了事,不能如法,只求場面好看,徒作虛套。設使專門念佛,則人人都會念,功德又廣大,又切實。如將念佛功德,回向給法界眾生,同生西方,則功德就更加廣大得多了,對於亡人所得的利益,也更廣大得多了。」

亡人生西方以後,眷屬人等,在四十九日以內,應該吃素念佛,淨守五戒,(不殺生、不偷盜、不邪淫、不妄語、不飲酒及不食五辛)則生存者和亡故者,兩者皆悉得大大的利益了。