Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 86



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  86

Tanya :
Seringkali diajak untuk membantu melafal Amituofo, misalnya membantu orang meninggal dunia atau pasien yang jatuh sakit, juga diundang membaca Ksitigarbha Sutra atau “Upacara kebaktian pembacaan Amitabha Sutra berkesinambungan selama tiga sesi”, apakah boleh melakukannya? Apakah boleh menerima uang angpau?

Jawab :
Ini namanya menjalin jodoh, merupakan hal yang baik, boleh. Manusia saat jatuh sakit memerlukan ada orang yang menghiburnya, saat menghadapi ajalnya memerlukan bantuan orang lain, Zhu Nian sangat penting. Dengan penuh ketulusan, mengerahkan segenap kemampuan untuk membantunya, memberinya manfaat, saat melakukannya jangan mengharapkan ketenaran maupun keuntungan, membantu tanpa syarat apapun, ini adalah hal yang bagus. Jika membaca sutra masih menerima uang angpau, ini namanya memperlakukan Buddha Dharma sebagai barang dagangan dan memperjualbelikannya, ini ada dosanya, jangan sekali-kali melakukannya.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:常被找去做佛事,例如死人的、有病的,被找去念《地藏經》或三時繫念,可以做嗎?可以收錢嗎?
答:這是結緣,是好事情,可以。人在生病的時候需要安慰,在死亡的時候需要幫助,助念就非常重要。誠心誠意,完全是幫助他、利益他,做的時候不能有名利,無條件的去幫助,這是好事情。如果誦經要收錢,便是拿佛法當商品去販賣,那是有罪過的,千萬不可以。(摘錄自21-246-01


臨終助念答問
淨空法師主講