Rabu, 30 Juli 2014

09 Terlebih dulu berpesan pada keluarga



Terlebih dulu berpesan pada keluarga


Sebagai kepala keluarga, janganlah memiliki pandangan bahwa membahas tentang saat-saat menjelang ajal adalah pantang, sehingga selalu menghindari untuk membahasnya, padahal ini menyangkut nasib alayavijnana sendiri, juga merupakan persoalan yang tidak bisa dihindari oleh setiap insan, setiap anggota keluarga sepatutnya memahaminya.

Waktu begitu singkat, apalagi orang yang sudah berusia senja, seharusnya selagi masih sehat, membahas isi buku ini dengan anggota keluarga, sehingga diri sendiri memiliki kepastian. Sebagian orang yang berada dibawah usia paruh baya, mungkin masih asing akan persoalan ini, andaikata sebagai senior tidak memberitahu hal ini kepada anak-anaknya, terlebih dulu berpesan pada sanak keluarganya, maka saat menjelang ajal, baru ingin memberitahukan, namun apa daya, mulut sudah tidak sanggup berkata-kata lagi, sanak keluarga juga tidak tahu cara mengurusnya, sehingga alayavijnana mengalami siksaan bertubi-tubi.



Petikan dari buku berjudul :
Masalah Terbesar Dalam Kehidupan Manusia
Diceramahkan oleh Upasaka Yu Ding-xi





   

自己的意旨應預先咐囑家人

為一家尊長的人,不要以談臨終的常識為不吉祥,而忌諱不談,事關臨終前後的切身利害,也是人人不可避免的大問題,家庭中男女成年人,都應該瞭解的。時光很快,尤其老年人要趁身體健康的時候,將本文與家人參考一下,以自己決定的意旨,明白咐囑家人,最為上策。一般中年以下的人,對此問題可能不甚關切,老年人若不將自己的主張,預先咐囑家人,則臨終之時,心裡雖清楚,有話要說,無奈口已不能言語,家人若處理不當,神識會冤枉遭受苦難的。