Selasa, 22 Juli 2014

Praktisi yang berhasil atau belum 02



Membahas tentang praktisi yang berhasil atau belum terlahir ke Alam Sukhavati
(Bagian 2)

Tanya :
Saat menjelang ajal, praktisi yang memiliki faktor pendukung (jalinan jodoh) yang sempurna, maka dapat terlahir ke Alam Sukhavati, bagaimana menjelaskan hal ini?

Jawab :
Saat menjelang ajal praktisi itu dapat membangkitkan keyakinan benar, tekad menyeluruh dan melafal Amituofo. Nama Buddha yang dilafalkannya adalah faktor pendukung berupa kekuatanNya, sedangkan hati yang melafal Amituofo itu adalah faktor pendukung berupa kekuatan sendiri.

Saat dimana dia membangkitkan keyakinan benar, tekad menyeluruh dan melafal Amituofo, adalah menggunakan hati yang mampu melafal untuk melafal nama Buddha. Nama Buddha yang dilafal karena hati yang mampu melafal itu menjadi muncul ke permukaan, hati yang mampu melafal, karena nama Buddha yang dilafal sehingga menjadi suci.

Saat ini kekuatan sendiri dan kekuatan Buddha jadi terjalin, benih sebab dan faktor pendukung menjadi berpadu, maka itu berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah kebenaran yang pasti.


Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao




   

論念佛人臨終往生與不往生的道理

()

問:行人臨終的時候,因緣具足,就能往生西方,這是什麼道理呢?

答:行人命欲終時,真信、切願、念佛。所念的佛,是他力的緣,能念的心,是自力的因。正在這真信、切願、念佛的時候,是用能念的心,念所念的佛。所念的佛,因能念的心而顯現,能念的心,因所念的佛而清淨。這個時候,便是自力與他力感應道交,因緣和合,所以就能往生西方,這是一定的道理。