Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 114



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  114

Tanya :
Saat menjelang ajal agar sebersit niat pikiran terakhir membawa keberhasilan terlahir ke Alam Sukhavati, persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan?

Jawab :
Para praktisi senior jaman dulu telah menjelaskan secara rinci, sebersit niat pikiran terakhir membawa keberhasilan terlahir ke Alam Sukhavati, paling sedikit harus memenuhi tiga persyaratan. Yang pertama, saat menjelang ajal kesadaran harus jelas, tidak boleh jadi pikun, jika jadi pikun maka tidak mampu melafal Amituofo, meskipun ada orang lain yang mengingatkannya, namun dia akan sangat susah menerimanya. Yang kedua, pada saat genting sedemikian, apakah dapat bertemu dengan kalyanamitra yang senantiasa dapat mengingatkan dirinya, “Lekaslah melafal Amituofo, bertekad lahir ke Alam Sukhavati, lepaskan semua kemelekatan”. Yang ketiga, begitu ada yang mengingatkannya maka segera menerimanya, pikiran segera dialihkan, terhadap alam saha takkan ada sedikitpun rasa rindu, menfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati. Coba pikirkan dengan seksama, tiga persyaratan ini, apakah yakin bisa mewujudkan keseluruhannya, mana ada kebetulan sekali, saat menjelang ajal ketiga persyaratan ini bisa dipenuhi? Orang begini sungguh jarang.

Maka itu tidak boleh mengandalkan keberuntungan, dalam keseharian harus giat melafal Amituofo, dalam keseharian melatih prajurit, saat menjelang ajal adalah saat berperang. Dalam keseharian melafal Amituofo, tujuannya adalah berharap agar saat menjelang ajal, sebersit niat pikiran terakhir jangan sampai kehilangan pikiran benar, barulah dapat berhasil.

Jika benar-benar ingin melangkah di jalan ini, yang paling penting adalah dalam keseharian harus dapat melepaskan kemelekatan, apapun harus dilepaskan, jangan taruh di hati. Di dunia ini, segalanya menuruti apa adanya, harus percaya bahwa “segala apa yang diterima saat sekarang adalah telah ditentukan sebelumnya”. Harus yakin pada Hukum Karma, apa yang ada di dalam garis hidup maka pasti akan diperoleh; sebaliknya apa yang tidak ada dalam garis hidup, janganlah memaksakan diri untuk mendapatkannya, karena tak mungkin bisa diperoleh, dengan demikian hati pun jadi tenteram.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:臨終一念往生,必須具備哪些條件?
答:古大德講得很清楚,臨終一念往生,至少具備三個條件。第一,臨命終時清清楚楚,不能迷惑,臨終一迷惑,就不會念佛,有人提醒也很難接受。第二,在緊急關頭能不能遇到善知識提醒,「趕緊念阿彌陀佛,求生淨土,放下萬緣」。第三,有人一提醒就立刻接受,念頭馬上轉過來,對娑婆世界不再有絲毫貪戀,一心一意求生淨土。細細想想,這三個條件,一個都沒有把握,哪有這麼巧,臨終時三個條件統統具足?這種人太少太少了。
所以不能僥倖,平常就要念,平常是練兵,臨終時就是打仗。平常念,目的就是希望臨終那一念不迷惑、不顛倒、不忘失,就能成功。真的想走這條路,最重要的是平常要放得下,什麼都要放下,不可以放在心上。在這個世間,一切隨緣,一定要相信「一飲一啄,莫非前定」。要相信因果報應,命裡有的,決定有;命裡沒有的,求也求不到,心就定了。(摘錄自12-17-1124


臨終助念答問
淨空法師主講