Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 139



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  139

Tanya :
Pada saat menjelang ajal dan melakukan Zhu Nian (membantu pasien melafal Amituofo), hubungan antara musuh kerabat penagih hutang si pasien dan sahabat Dharma yang melakukan Zhu Nian, apakah akan muncul permasalahan, bahkan karena ini jadi menjalin permusuhan?

Jawab :
Takkan demikian! Pada saat pasien menjelang ajal, kita mengingatkannya agar jangan lupa melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, ini juga merupakan detik yang paling menentukan sepanjang hidupnya,  maka itu Zhu Nian merupakan jasa kebajikan yang sesungguhnya. Pada saat menjelang ajal, takutnya adalah tidak sanggup melepaskan jalinan jodoh duniawi, terhadap dunia ini masih melekat, masih banyak hal yang belum dipesankan, maka kesempatan untuk terlahir ke Alam Sukhavati jadi hilang. Maka itu harus membantu si pasien, mengingatkan dirinya agar melepaskan kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati.

Terkecuali bila sahabat Dharma yang melakukan Zhu Nian itu pikirannya tidak benar, barulah akan diganggu makhluk halus; jika pikirannya suci, benar dan tulus, pasti akan diberkati Buddha dan Bodhisattva, makhluk halus yang melihatnya juga akan menghormatinya, takkan datang cari masalah.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:臨終助念,往生者的冤親債主和助念的人之間,是否會產生什麼問題,甚至因此結惡緣?
答:這不會!在臨終的時候,提醒他不要忘記念佛求生,這是他一生中最重要的時候,所以助念是真實功德。臨終時,最怕的是世緣放不下,對世間還有貪戀,還有很多事情沒交代,那往生的機緣就失掉了。所以一定要幫助他,提醒他放下萬緣,一心念佛求生淨土。
助念的人除非心邪不正,才會受鬼神的干擾;如果心地清淨、正大光明,一定得佛菩薩加持,鬼神看到也會尊敬,不會來找麻煩。(摘錄自21-279-01

臨終助念答問
淨空法師主講