Sabtu, 02 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 35



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  35

Tanya :
 Dalam membantu orang lain melafal Amituofo (Zhu Nian), menggunakan lafalan Amituofo saja, tanpa kata “Namo”, apakah ini diperbolehkan?

Jawab :
Membantu orang lain melafal Amituofo (Zhu Nian), lafalan Amituofo saja merupakan yang paling tepat. Saat seseorang menjelang ajal, semakin sederhana semakin bagus, jika melafal “Namo Amituofo”, ini terlalu panjang.

Ada orang yang bertanya pada Master Lian Chi : “Bagaimana cara anda mengajari orang melafal Amituofo?”  Master Lian Chi menjawab : “Saya mengajari orang melafal Namo Amituofo”. Orang itu bertanya lagi : “Lalu bagaimana anda sendiri melafal Amituofo?” Master menjawab : “Amituofo”.

Orang itu bertanya lagi : “Mengapa anda mengajari orang lain melafal Namo Amituofo, sedangkan anda sendiri melafal Amituofo?”  Master Lian Chi menjawab : “Karena saya tidak ingin bertumimbal lahir lagi, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu saya melafal Amituofo saja”.

Di dalam Amitabha Sutra tercantum bahwa “melafal namaNya”, namaNya hanya Amituofo saja, ini menuruti ajaran Tathagata. Menasehati orang lain melafal Namo Amituofo, adalah karena orang itu belum tentu mau membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu menambahkan “Namo”, Namo adalah bahasa basa basi, artinya adalah penghormatan, berlindung, adalah menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha, belum tentu benar-benar berniat terlahir ke Alam Sukhavati; jika benar-benar bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka tak perlu basa-basi lagi, “Namo” juga tak perlu lagi.

Dengan memahami  makna ini, baru akan mengerti bahwa untuk membantu orang lain melafal Amituofo hanya perlu melafal Amituofo saja, tidak boleh melafal Namo Amituofo. Dalam keadaan darurat yang sangat menentukan ini, tak perlu lagi kata basa-basi, dengan ketulusan penuh melafal Amituofo berkesinambungan, barulah dapat memberi manfaat baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:為人助念用四字名號行不行?
答:為人助念,四字是標準的念法。人在病重的時候,愈簡單愈好,六字太多了。蓮池大師在《竹窗隨筆》記載,有人問他:「您老人家怎樣教人念佛?」他說:「我教人念『南無阿彌陀佛』。」又問:「您老人家自己怎麼念佛?」他說:「我念『阿彌陀佛』。」
又問:「為什麼教別人念六字,自己念四字?」他說:「我這一生不想再搞六道輪迴,決心求生淨土,所以只念四字。」《彌陀經》講的「執持名號」,名號只有四字,這是遵守如來的教誡。勸別人念六字,是他未必發心往生,所以加「南無」,南無是客套話,是恭敬、皈依的意思,是跟阿彌陀佛結緣,不一定真想往生;真想往生,不講客套話,「南無」就不要了。懂這個意思,就明瞭臨終助念只念四字,不可以念六字。在這緊要關頭,客套話、客氣話都不要了,老老實實就這句佛號念到底,才是自利利他。(摘錄自21-090-16


臨終助念答問
淨空法師主講