Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 12




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 12

Tanya :
Jika di vihara ada insan yang meninggal dunia, apakah boleh mengerahkan para peserta Fo Qi (kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari) untuk membantu melafal Amituofo? Bagaimana cara mengaturnya agar lebih sempurna?

Jawab :
Andaikata di ruang kebaktian pelafalan Amituofo ada peserta yang mendadak meninggal dunia, maka hal ini tidak boleh sampai mengganggu peserta lainnya, kerahkan saja personil yang biasanya melakukan Zhu Nian untuk membantunya melafal Amituofo.

Jika hadirin di ruang kebaktian sedang melafal Amituofo, lalu dikerahkan untuk melakukan Zhu Nian, maka pikiran mereka akan kalut, tidak dapat terfokus. Satu orang meninggal dunia, namun sempat mengacaukan orang lain menjalankan kebaktian melafal Amituofo, ini tidak baik.

Maka itu dalam membantu orang yang meninggal dunia, harus memiliki sebuah kelompok kecil yang khusus melakukan Zhu Nian, sehingga tanggungjawab ini dilimpahkan kepada kelompok Zhu Nian, begini baru betul.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:如果道場有人往生,是否可以調動打佛七的同修去助念?應怎樣安排才能兩全其美?
答:念佛堂有人往生,絕不能干擾念佛堂,由平常發心助念的人去幫助他。如果念佛堂同修在用功,去助念,心就亂了,就不能專注。一個人往生,卻破壞別人念佛,這樣不好。所以幫助往生的人,要有個專門助念的小組,由小組來負責臨終關懷、助念,這樣才正確。(摘錄自21-366-01

臨終助念答問
淨空法師主講