Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 120




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  120

Tanya :
Jika sebersit niat pikiran terakhir, melafal Amituofo masih berkhayal, apakah ini berarti tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Sedikitpun tidak salah, saat menjelang ajal tidak boleh ada khayalan, bila ada khayalan maka ini sudah salah, terlebih lagi tidak boleh ada kebencian. Saat pasien menghadapi ajal, janganlah memancing amarahnya, karena pada saat itu alayavijnana nya sudah akan meninggalkan tubuh kasarnya, sangat menderita, jika sempat menyentuh tubuhnya, dia akan merasa sangat menderita, sehingga kebenciannya muncul, begitu kebenciannya muncul maka jatuh ke tiga alam penderitaan, ini adalah hal yang menakutkan.

Banyak orang yang tidak memahaminya, saat pasien menjelang ajal, sanak keluarga malah menangis pilu, tidak rela berpisah,  sehingga pasien jadi melekat pada jalinan kasih, sehingga merusak ketrampilan melatih dirinya sepanjang hidupnya, mencelakainya sehingga tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:如果臨終一念,念佛還打妄想,是否就無法往生?
答:一點都不錯,臨終時決定不能有妄想,有妄想就錯了,尤其是不能生瞋恚心。人在臨終的時候不可以惹他生氣,因為那個時候神識正要離開身體,非常痛苦,要是碰到他的身體,他會感覺非常痛,就會生瞋恚心,瞋恚心一生起來就墮惡道,這是很可怕的事情。很多人不懂,臨終的時候嚎啕大哭,難分難捨,使他產生了對親情的留戀,把他一生的功夫都破壞掉,害他不能往生。(摘錄自21-334-01

臨終助念答問
淨空法師主講