Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 150



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  150

Tanya :
Ingin sekali terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi bagaimana jika saat menjelang ajal tidak ada yang datang membantu melafal Amituofo?

Jawab :
Boleh menggunakan mesin pemutar lafalan Amituofo, siang malam tiada henti mengingatkan dirimu melafal Amituofo. Sesungguhnya, jika ingin terlahir ke Alam Sukhavati, asalkan dapat mempersiapkan “keyakinan benar, tekad benar, dan benar-benar mau melafal Amituofo, ingin sekali bertemu Buddha Amitabha”, hanya dengan syarat-syarat ini saja, bersamaan itu pula harus melepaskan semua kemelekatan dan jalinan kasih dengan orang-orang di dunia ini, dengan demikian barulah dapat pergi dengan ikhlas; meskipun memiliki keyakinan benar dan tekad benar, namun terhadap segala hal di dunia ini masih tidak sanggup melepaskannya, ibarat ada seutas tali yang mengikat diri anda, maka gagal terlahir ke Alam Sukhavati.

Di dunia ini yang paling sulit direlakan dan diikhlaskan, tak lain adalah jalinan kasih dan harta benda, dua hal ini harus dilepaskan bersih-bersih, sedikitpun tidak boleh ada, kalau tidak, maka takkan berhasil lahir ke Alam Sukhavati; kebanyakan orang gagal terlahir ke Alam Sukhavati, karena tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Kapan harus dilepaskan? Sekarang juga sudah harus bisa melepaskan kemelekatan, bukan saat menjelang ajal barulah melepaskan; jika sekarang saja tidak sanggup melepaskan, maka saat menjelang ajal juga tidak mampu melepaskan.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:真的很想往生,但往生時沒有人助念該怎麼辦?
答:可以用念佛機,日夜不間斷提醒自己。實在講,真正想往生,只要具備「真信真願,真正肯念佛,想見阿彌陀佛」這些條件而已,同時要把世間的人情世故統統放下,這樣就能去得成;雖有真信切願,但世間有一樁事情放不下,就像有一條繩索把你拉住,就去不成了。世間最難分難捨的,不外乎是親情及財產,這兩樣東西要放得乾乾淨淨,一絲毫都沒有,否則就不能往生;大多數人不能往生,就是放不下。什麼時候放下?現在就要放下,不是說臨死的時候再放下;現在放不下,臨死的時候還是放不下。(摘錄自21-253-01

臨終助念答問
淨空法師主講