Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 62



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  62

Tanya :
Pada saat melakukan Zhu Nian, apakah pasien perlu diselimuti dengan Selimut Dharani? Dan apakah juga perlu menggunakan Pasir Mantra dan sebagainya?

Jawab :
Selimut Dharani dan Pasir Mantra tidaklah penting, yang terpenting adalah ketrampilan melafal Amituofo yang dimiliki diri sendiri. Jadi bukan karena diselimuti dengan Selimut Dharani barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, sebaliknya tidak diselimuti dengan Selimut Dharani maka tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, jika demikian halnya, maka buat saja lebih banyak Selimut Dharani, maka setiap orang bisa terlahir ke Alam Sukhavati, jadi buat apa lagi melatih diri?

Maka itu, Selimut Dharani dan Pasir Mantra tidaklah begitu penting, yang terpenting adalah melatih diri dengan benar. Teori dan cara melafal Amituofo ada di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, asalkan membacanya dengan seksama maka dapat memahaminya.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:助念時,亡者是否必須蓋往生被,以及用金剛光明沙等?
答:蓋往生被及用光明沙,並不重要,真正重要的是自己修持的功夫。絕對不是蓋往生被就能往生,不蓋就不能往生,如果是這樣,多做一些往生被,每個人都能往生,又何必修行?因此,往生被與光明沙是次要的,重要的是一定要如理如法的修學。念佛往生的理論與方法都在《無量壽經》裡,仔細去讀誦就會明瞭。(摘錄自21-090-84

臨終助念答問
淨空法師主講