Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 124



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  124

Tanya :
Tak peduli bagaimana cara melafal Amituofo, tetap saja masih ada khayalan, jika gejala ini berlanjut, saat menjelang ajal ada sahabat Dharma yang datang membantu melafal Amituofo, mengingatkan pasien agar melafal Amituofo, apakah dia dapat terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Berhasil tidaknya pasien terlahir ke Alam Sukhavati, terletak pada keyakinan hati diri sendiri. Melafal Amituofo namun tetap saja timbul khayalan, ini adalah gejala yang normal; melafal Amituofo tanpa muncul khayalan, maka adalah jelmaan Buddha dan Bodhisattva yang datang ke dunia, orang awam takkan sanggup melakukannya.

Maka itu jangan takut, biarkan saja khayalan muncul, namun Amituofo tetap dilafal dengan setulusnya, bukan hambatan, hanya mengurus lafalan Amituofo, jangan pedulikan khayalan, begini sudah bagus! Sebagian praktisi ketrampilan melatih dirinya tidak efektif karena tidak sanggup melepaskan khayalan, selalu saja memikirkan “khayalanku begitu banyak”, makin dipikirin makin banyak, makin dijaga maka semakin banyak, bagaimana mungkin khayalannya bisa dihapus?

Maka itu jangan dipedulikan, maka khayalan akan jadi semakin berkurang, sehingga dengan sendirinya ketrampilan melatih diri akan jadi efektif, ini sangat penting. Asalkan melafal dengan setulusnya, pasti akan memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:無論怎麼念佛,妄想還是有,這樣下去,到臨命終時,有人助念,能提起佛號,是否能往生?
答:能不能往生,決定在自己的信心。念佛依舊有妄念起來,這是正常的現象;念佛如果沒有妄念,那是佛菩薩再來,凡夫決定做不到。所以不要害怕,妄念儘管起,佛老實念,不礙事,只照顧佛號,不要照顧妄念就好!一般人念佛功夫不得力,就是妄念放不下,常常想「我妄念這麼多」,愈想愈多,愈照顧愈多,妄念怎麼能斷?不理會,妄念就會愈來愈少,功夫自然就得力,這很重要。只要老實念,決定得阿彌陀佛本願威神加持。(摘錄自19-12-182

臨終助念答問
淨空法師主講