Sabtu, 26 Juli 2014

Tanya Jawab Mengenai Zhu Nian 02



Tanya Jawab Mengenai Zhu Nian
(Bagian 2)

Tanya :
Kalau memang pasien sudah meninggal dunia, buat apa lagi membantunya melafal Amituofo?

Jawab :
Oleh karena pasien baru menghembuskan nafas terakhir, meskipun telah meninggal dunia, tetapi kesadarannya masih belum meninggalkan tubuhnya secara keseluruhan, sebelum almarhum terlahir kembali di alam lainnya sesuai dengan perbuatannya, ada baiknya kita membantunya melafal Amituofo, ini adalah manfaat menakjubkan yang paling terunggul.

Harus diketahui bahwa orang awam ketika ajalnya tiba, maka jalur yang mungkin akan dilaluinya adalah jalur suci (Alam Sukhavati), jalur baik (Alam Dewa, Alam Manusia, Alam Asura) dan jalur penderitaan (Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan, Alam Neraka). Selama berputar di roda samsara, karma baik dan karma buruk yang telah kita perbuat, banyaknya tak terhingga dan tak terbatas, niat pikiran baik dan buruk yang kita pancarkan keluar, sambung menyambung tiada henti. Kebanyakkan adalah niat pikiran jahat, sedangkan niat pikiran baik adalah sangat sedikit.

Orang awam saat menjelang ajal, jika sebersit niat pikiran terakhirnya adalah pikiran jahat, maka di dalam pikiran jahatnya akan muncul alam neraka, alam setan kelaparan dan alam binatang, maka sebersit niat pikiran jahatnya akan menuntunnya bertumimbal lahir ke alam penderitaan; sebaliknya jika sebersit niat pikiran terakhirnya adalah pikiran baik, maka di dalam pikiran baik itu akan muncul Alam Dewa dan Alam Manusia, maka niat pikiran baiknya akan menuntunnya bertumimbal lahir di alam bajik.

Jika sebersit niat pikiran terakhir adalah melafal Amituofo, bertekad lahir ke Alam Sukhavati, saat itu di dalam pikiran ini akan muncul Buddha Amitabha dan para makhluk suci Alam Sukhavati datang menjemput, sebersit niat pikiran saat ajal, yakni niat pikiran yang melafal Amituofo ini akan mengikuti Buddha Amitabha terlahir ke Alam Sukhavati.

Harus diketahui bahwa orang awam saat menjelang ajal, membantunya melafal Amituofo, alasannya adalah agar sebersit niat pikiran terakhir si praktisi adalah melafal Amituofo. Andaikata niat pikiran terakhirnya adalah melafal Amituofo, Buddha Amitabha akan muncul di hadapan praktisi dan menjemputnya ke Alam Sukhavati. Hati yang melafal Amituofo ini akan mengikuti Buddha dan terlahir ke Alam Sukhavati. Dengan terlahirnya ke Alam Sukhavati, maka tumimbal lahir di alam saha telah terputus buat selama-lamanya, dan kebahagiaan yang tak terhingga itu juga akan berlangsung selama-lamanya. Membantu melafal Amituofo untuk orang yang saat menjelang ajal, memiliki manfaat menakjubkan yang paling terunggul.


Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao

  


   

助念答問

()

問:病人既然死了,仍還幫助他念佛有什麼作用呢?

答:因為病人剛剛斷氣,雖然已經死了,但是他的神識還未完全離開身體,他的後世善惡得生處所尚未決定,在這個時候幫助他念佛,有最大殊勝的妙用。要曉得凡人到了臨死的時候,即是聖道、善道、惡道的分路。我們做人生生世世以來,所造的善業和惡業,有無量無邊的多,心裏所發現出來的善善惡惡的念頭,相續不斷。多數的都是惡的心念,那善的心念是很少的。凡人在臨死的時候,最後一念的心若是惡,那時惡心裏就發現地獄、餓鬼、畜生的惡境來,命終這一念心,就隨著這些惡境去投生惡道;最後一念的心若是善,那時善心裏就發現天上、人間的善境來,命終這一念心就隨著這些善境裏去,投生善道。最後一念的心若是念佛,願求往生西方,那時念佛願生的心裏,就發現西方極樂世界阿彌陀佛與諸聖眾,前來接引,命終這一念心,就隨著阿彌陀佛去,往生西方極樂世界的聖道。要曉得凡人臨死的時候,幫助他念佛的道理,就是為著臨死的人最後一念的心要念佛。最後一念心若會念佛,阿彌陀佛就在死的人自己念佛心裏,現前接引,那死的人,就是在自己念佛的心裏隨佛往生西方。生到西方,這娑婆世界的生死就永斷了,那就永久快樂無量了。幫助臨死的人念佛,有這樣的最大殊勝的妙用。