Kamis, 24 Juli 2014

Tanya Jawab Mengenai Zhu Nian 01



Tanya Jawab Mengenai Zhu Nian
(Bagian 1)

Tanya :
Apa makna dari Zhu Nian?

Jawab :
Dalam Bahasa Mandarin, aksara “Zhu” diartikan sebagai membantu, “Nian” dapat diartikan sebagai pikiran benar. Jadi bila digabungkan maka “Zhu Nian” berarti membantu orang yang menjelang ajal agar senantiasa membangkitkan pikiran benar.


Tanya :
Apa yang dimaksud dengan “pikiran benar”?

Jawab :
“Pikiran benar” juga disebut “pikiran suci”, pikiran benar dan pikiran suci adalah niat pikiran yang melafal Amituofo. Karena niat pikiran yang melafal Amituofo adalah benih sejati untuk mencapai KeBuddhaan, maka itu disebut sebagai “pikiran benar”.  Juga karena niat pikiran melafal Amituofo takkan terjalin dengan Sad Visayah (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), karena hatinya yang suci, maka itu disebut dengan pikiran suci. Pikiran suci ini, juga merupakan benih suci untuk terlahir ke Alam Sukhavati. Demikianlah penjelasan makna dari pikiran suci.


Tanya :
Mengapa orang yang menjelang ajal memerlukan orang lain membantunya melafal Amituofo?

Jawab:
Setiap insan yang sampai pada ambang menjelang ajal, saat itu empat unsur akan berpisah, dimana saat tersiksa oleh penderitaan, panik, ibarat kepiting yang direbus di dalam sup mendidih, begitu menderitanya. Apabila dalam keseharian ketrampilan melafal Amituofo belumlah jadi kebiasaan, sampai pada saat ini, siapa yang tidak memerlukan orang lain membantu melafal Amituofo? Dalam keseharian memiliki enam hingga tujuh bagian ketrampilan melafal Amituofo, tetapi pada saat menjelang ajal, sulit untuk mempertahankan meskipun hanya dua hingga tiga bagian saja. Apalagi bagi mereka yang dalam kesehariannya tidak memiliki ketrampilan melafal Amituofo sama sekali, saat menghadapi ajalnya, apakah tidak memerlukan orang lain membantunya melafal Amituofo? Harus diketahui bahwa orang awam saat menjelang ajal, diri sendiri sulit untuk menjadi pengendali diri. Maka itu harus mengandalkan orang-orang di sampingnya, untuk membantunya melafal Amituofo, membantunya menjadi pengendali.  


Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao





   

助念答問

()


問:助念,二個字是什麼意義?

答:「助」,就是幫助,「念」是正念。並攏來講,就是幫助臨終的人,正念念念現前的意思。


問:什麼叫「正念」?

答:「正念」又叫做「淨念」,這個正念和淨念,同是念佛的心念。因為念佛的心念,是成佛的正因,所以叫做正念。又念佛的心念,不與六塵相對,其心清淨的緣故,所以叫做淨念。這個淨念,也是往生淨土的淨因。對於這個正念的意義,大略就是這樣。


問:臨終的人為什麼緣故要旁人助念呢?

答:凡人到了臨終的關頭,那是四大分離,諸苦交集的時候,手忙腳亂,譬如螃蟹落在滾湯裏頭一樣的痛苦。平時念佛的功夫若未純熟,到了這個時候,誰人不要旁人幫助呢?平時就有六分七分的念佛功夫,到了這個時候,也難作二分三分用了。何況平時全未有念佛功夫的人,到了這個時候,可以不要旁人幫助嗎?要曉得凡人臨終的時候,自己一絲一毫難得做主的。完全是依靠旁人,幫助他念佛,替他幫忙做主的。