Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 78



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  78

Tanya :
Pasien yang melakukan kejahatan sepanjang hidupnya, apakah saat menjelang ajalnya membantunya melafal Amituofo dapat berguna?

Jawab :
Master Lian Chi berkata bahwa “mengawali dengan kejahatan tidak merintangi akhir yang bajik”, seseorang yang pada masa mudanya melakukan kejahatan, usia paruhbaya juga melakukan kejahatan, sampai pada usia tuanya bertobat, asalkan dapat kembali ke jalan yang benar, masih sempat, tetap saja orang bajik, bahkan orang seperti Raja Ajatasatru saat menjelang ajal baru bertobat, juga masih sempat.

Meskipun orang jahat, namun selama sehela nafasnya belum terputus, mendengar kami menjelaskan kebenaran, jika dapat sadar, kembali ke jalan yang benar, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu tidak boleh mengatakan orang itu melakukan kejahatan tanpa henti, saat dia menjelang ajal, kita juga enggan membantunya melafal Amituofo, tak perlu peduli dengannya, ini sudah salah, saat dia menjelang ajal, maka kita juga harus membantunya melafal Amituofo, juga harus senantiasa menasehatinya, mengingatkannya, sebersit niat pikirannya kembali ke jalan yang benar, maka kita membantunya agar dapat terbebas dari enam alam tumimbal lahir, mencapai KeBuddhaan, ini adalah jasa kebajikan tak terhingga! Dapat mengantar kepergian seseorang ke Alam Sukhavati menjadi Buddha, segala kebajikan di dunia ini tidak ada yang dapat sebanding dengannya.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:畢生造作惡業,助念有用嗎?
答:蓮池大師講得好,「始惡不妨終善」,一個人年輕時造惡、中年造惡,到老年的時候後悔,只要回過頭來行善,都來得及,還是善人,甚至像阿闍世王臨終的時候才回頭,才知道懺悔,還是來得及。就算是惡人,只要一口氣沒斷,聽我們把道理講清楚、講明白,如果能豁然覺悟,回頭向善,都能往生。所以不可以說這個人作惡多端,臨終時就算了,不要理他,這就錯了,他臨終時還是要幫他助念,還是要常常勸他、提醒他,他一念回頭,就幫他脫離六道輪迴,成佛去了,這是無量功德!能送一個人去作佛,世間任何好事都不能跟這種事相比。(摘錄自02-34-168


臨終助念答問
淨空法師主講