Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 11



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 11

Tanya :
Bagaimana cara membantu praktisi yang meninggal dunia? Bagaimana agar dia bisa berhasil?

Jawab :
Semua orang melafal Amituofo, tujuannya adalah bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, jika ada orang yang meninggal dunia, maka harus memahami cara mengurusnya, membantunya agar berhasil. Karya tulis para praktisi senior jaman dulu yang berjudul “Buku Panduan Saat Menjelang Ajal”, yang isinya tentang bagaimana cara membantu insan yang akan menghadapi ajalnya, kemudian pada jaman modern ini buku tersebut yang menggunakan Bahasa Mandarin Klasik ditulis kembali dalam bahasa mandarin masa kini, yang kemudian diberi judul “Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal”, di dalam buku ini, bagian-bagian yang penting saya garisbawahi dengan pena merah, kemudian  dicetak ulang.  

Dikarenakan judul “Buku Panduan Saat Menjelang Ajal” mengundang kesan menakutkan bagi banyak insan, maka itu saya ganti judulnya menjadi “Bagaimana Cara Melafal Amituofo Agar Terlahir Ke Alam Sukhavati Tak Mundur Lagi Dari Pencapaian KeBuddhaan”.

Buku ini harus selalu dibaca oleh praktisi pelafal Amituofo, jika mendadak bertemu dengan pengalaman ini, barulah tahu bagaimana cara mengurusnya. Kala ibundaku meninggal dunia, kami menuruti panduan dalam buku ini, mengantar kepergian ibunda; kala Pengurus Han wafat, kami juga menuruti panduan buku ini untuk mengantar kepergiannya, sungguh sesuai dengan Dharma.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:同修往生該怎樣幫助他,怎樣成就他?
答:大家一起念佛共修,目的在求往生,有人往生,要懂得處理,懂得幫助他、成就他。古大德用文言文所寫的《飭終津梁》,把臨終處理程序寫出來,近代大德用白話文重寫,稱為《飭終須知》,裡面重要的部分,我用紅筆畫出來,重新套色排版印製。由於《飭終須知》這個題目有很多人忌諱,所以我換了個名字叫《怎樣念佛往生不退成佛》。這本書,學佛的同學要常看,萬一遇到的時候,才知道怎樣處理。我的老母親過世,後事完全依照書上寫的來辦;韓館長往生也是依這本書來做,非常如法。(摘錄自12-17-1331

臨終助念答問
淨空法師主講