Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 90



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  90

Tanya :
Memperingati setiap periode tujuh hari, hal ini tercantum di sutra mana? Mengapa selama tujuh kali tujuh hari harus memupuk jasa kebajikan?

Jawab :
Di dalam Ksitigarbha Sutra tercantum, “Jika setelah almarhum meninggal dunia, dalam kurun waktu 49 hari, dapat memupuk berbagai kebajikan, sehingga almarhum dapat selamanya menjauhi alam penderitaan, terlahir kembali di Alam Dewa dan alam manusia, memperoleh kebahagiaan menakjubkan yang unggul. Selain itu sanak keluarga yang masih hidup, juga memperoleh manfaat yang tak terhingga”.

Setelah seseorang meninggal dunia, setiap tujuh hari harus melimpahkan jasa kepadanya, teori ini tertera dalam Ksitigarbha Sutra.  Setelah meninggal dunia, alayavijnana akan melewati sebuah periode, sekitar 49 hari, kemudian akan bertumimbal lahir, dengan pertimbangan karma baik dan karma buruk yang dilakukannya, yang menentukan almarhum akan terlahir kembali di alam mana, menerima buah karmanya.

Dalam periode Antarabhava, setiap tujuh hari akan mengulangi sekali tahapan kematian, bagi almarhum ini merupakan penderitaan yang amat menyiksa, maka itu selama kurun waktu 49 hari perbanyak menimbun jasa kebajikan, membuat pelimpahan jasa untuknya, akan menambah kekuatan berkah, mengurangi beban derita. 

Dalam kurun waktu 49 hari, andaikata sanak keluarga setiap hari membaca sutra, melafal Amituofo dan melimpahkan jasa, maka pahala almarhum akan sangat besar, ini adalah hal yang membawa manfaat baik bagi yang telah meninggal dunia maupun yang masih hidup.

Dalam kegiatan memupuk jasa kebajikan, diantara segala kebajikan, maka utamakan kegiatan membaca sutra, melafal Amituofo dan pelimpahan jasa, andaikata mempunyai kesanggupan, mendanakan harta benda yang ditinggalkan almarhum, maka pahala ini akan lebih besar lagi.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:做七出自哪部經典?為什麼要在七七日內「廣造眾善」?
答:《地藏經》云,「若能更為身死之後。七七日內。廣造眾善。能使是諸眾生。永離惡趣。得生人天。受勝妙樂。現在眷屬。利益無量。」人死後要做七,出處就在這裡。人死後有一段中陰時間,大概是四十九天,過後就會去轉世,看亡者的行業落到哪一道,就到哪一道去受果報。中陰期間,每七天會重複一次死的過程,對亡者來說是相當痛苦的,所以在七七日內「廣造眾善」,為他做佛事,增加福力,減少痛苦。七七四十九天內,家親眷屬如果天天為亡者誦經、念佛迴向,亡者的福報就很大,這是冥陽兩利的事情。「廣造眾善」,在一切善法裡,以誦經、念佛迴向為主,如果有能力,將亡者遺留下來的財物廣行布施,那福報就更大了。(摘錄自14-12-26

臨終助念答問
淨空法師主講