Senin, 11 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 138



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  138

Tanya :
Semasa hidup almarhum belum tentu seorang praktisi pelafal Amituofo, setelah meninggal dunia barulah sahabat Dharma membantunya melafal Amituofo, setelah itu sekujur tubuhnya jadi lembut dan lentur, bagaimana caranya untuk memastikan apakah almarhum telah terlahir ke Alam Sukhavati atau ke Alam Dewa?

Jawab :
Orang yang semasa hidupnya tidak melafal Amituofo, menjelang ajal ada yang menasehatinya melafal Amituofo, dan dia juga bersedia melafal, juga memiliki tanda istimewa, mungkin telah terlahir ke Alam Sukhavati. Jika semasa hidup tidak melafal Amituofo, saat menjelang ajal juga tidak sudi melafal Amituofo, tidak percaya pada kelahiran ke Alam Sukhavati, setelah meninggal dunia, kemudian dibantu melafal Amituofo selama beberapa jam dan tubuhnya kembali lembut dan lentur, ini adalah untuk mengeliminasi rintangan karmanya, dapatkah dia terlahir ke Alam Sukhavati? Tidak ada yang berani memastikannya, namun yang pasti takkan jatuh ke alam rendah.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:亡者生前不一定是念佛人,人死後才幫他助念,助念後,身體非常柔軟,如何判斷他是往生西方或生天上?
答:生前不念佛的人,臨終時勸他念佛,他肯念,又有很好的瑞相,可能是往生。如果生前不念佛,臨終的時候也不肯念佛,不相信往生西方,死了之後,給他念幾個小時的佛號,身體柔軟,這是消除他的業障,能不能往生?不敢講,但決定不墮惡道是肯定的。(摘錄自21-80-01

臨終助念答問
淨空法師主講