Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 140



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  140

Tanya :
Apakah Zhu Nian akan berdampak pada pelatihan diri sendiri? Apakah akan menanggung beban karma? Percaya pada Alam Sukhavati, namun tidak tahu Alam Sukhavati berada di mana?

Jawab :
Membantu orang lain melafal Amituofo, mengantar orang lain ke Alam Sukhavati, ini adalah hal yang baik, terhadap diri sendiri tentunya akan ada jasa kebajikan yang unggul, beban karma buruk si pasien pastinya takkan dialihkan kepada diri anda. Bodhisattva Maha Maitri berkata, “Dapat membantu dua orang terlahir ke Alam Sukhavati, jasa kebajikannya melampaui diri sendiri melatih diri dengan tekun”, ucapan ini memotivasi kita semua, harus membantu insan lain. Membantu insan lain adalah keunggulan luar biasa, yakni pada saat menjelang ajalnya, membantunya melafal Amituofo agar terlahir ke Alam Sukhavati, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

Karena suka membantu orang lain melafal Amituofo, maka ketika giliran sendiri yang menghadapi saat ajal, tentunya akan ada banyak orang yang datang membantu; jika tidak sudi membantu orang lain, meremehkan insan lain, kelak tiba giliran diri sendiri yang menghadapi ajal, maka takkan ada yang datang membantu melafal Amituofo, ini adalah hukum sebab akibat.

Di dalam sutra telah dijelaskan secara rinci, Alam Sukhavati jauhnya dari tempat kita adalah menuju penjuru barat melewati sepuluh triliun Alam Buddha, namun ada yang merasa ragu karena dari arah barat planet bumi ini menerawang terus, tidak ada ditemukan Alam Sukhavati. Yang dimaksud dengan penjuru barat yang tercantum di dalam sutra adalah arah baratnya Alam Saha, Alam Saha merupakan wilayah pembabaran Dharma Buddha Sakyamuni, yaitu penjuru barat dari maha ribu dunia ini, jadi bukan arah barat dari planet bumi. Wilayah pembabaran Dharma Buddha Sakyamuni adalah seluas satu miliar buah galaksi Bima Sakti, maha ribu dunia ini, hingga hari ini para ilmuwan masih belum menemukannya.

Dengan pernyataan sedemikian mungkin masih belum menghapus keraguan, tetapi bukan masalah, oleh karena tak peduli dimanapun, tetap memiliki sinyal pesan dengan Buddha Amitabha, sinyal pesannya adalah “Amituofo”. Dengan melafal Amituofo ibarat sedang mengirim telegram kepada Buddha Amitabha, tak peduli berada di manapun, kabelnya tetap tersambung. Dengan melafal Amituofo setulusnya, menjelang ajal Buddha Amitabha akan datang menjemput, harus memiliki keyakinan hati.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:助念會不會影響自己的修行?會不會背因果?相信有西方極樂世界,但不知道西方極樂世界在哪裡?
答:幫別人助念,送別人往生,這是好事情,對自己決定有殊勝功德,往生者的惡因惡果,絕對不會跑到你的身上來。大慈菩薩講,「真正能幫助兩個人往生,勝過自己修行精進」,這些話就是勉勵大家,一定要幫助別人。幫助別人第一殊勝,就是在他臨終時,幫他助念往生,往生就成佛了,那是幫一個人作佛去。喜歡幫助別人,自己臨終時,就有很多人來幫助;不肯幫助別人,嫌棄別人,到自己臨終時,就沒有人助念,這是業因果報。
經上講得很清楚,西方極樂世界在這個世界的西方過十萬億佛國土,可是有人懷疑,在地球上往西走,都沒有發現。經上講的西方是娑婆世界的西方,娑婆世界是釋迦牟尼佛的報土,也就是這個大千世界的西方,不是地球的西方。釋迦牟尼佛的報土有十億個銀河系,這個大千世界,今天科學家還沒發現。
這樣說可能還不能斷除疑惑,但不要緊,不管它在哪裡,都有信號可以跟阿彌陀佛溝通,信號就是「阿彌陀佛」這句佛號。念這句佛號,就像打電報一樣,不管它在哪裡,線路決定是通的。老實念佛,臨命終時不必辨別方向,阿彌陀佛會來接引,決定要有信心。(摘錄自21-090-08

  
臨終助念答問
淨空法師主講