Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 142



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  142

Tanya :
Di Harbin ada seorang anggota Sangha yang bilang, “Kalian membantunya melafal Amituofo, setelah dia mati, musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampaunya, pada saat giliran anda yang menghadapi ajal, akan membuat perhitungan denganmu, maka itu ada orang yang tidak berani ikut Zhu Nian (membantu melafal Amituofo)”. Saya pikir ini tidak benar, tapi tidak berhasil mencari teori untuk menjelaskannya.

Jawab :
Teori ini mudah sekali, membantu orang lain melafal Amituofo, maka dia akan terlahir ke Alam Sukhavati dan menjadi Buddha, kelak tiba giliran anda yang menghadapi ajal, musuh kerabat penagih hutangnya datang membuat perhitungan denganmu, maka Buddha itu akan datang membantumu, jadi apa lagi yang perlu anda risaukan?

Seperti ucapan Bodhisattva Maha Maitri, “Membantu dua orang terlahir ke Alam Sukhavati, melampaui jasa kebajikan diri sendiri tekun melatih diri; membantu belasan orang terlahir ke Alam Sukhavati, pahalanya tak terhingga tak terbatas; membantu beberapa ratus orang terlahir ke Alam Sukhavati, maka ini adalah Bodhisattva sejati”. Zhu Nian adalah membantu orang lain terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, merupakan jasa kebajikan terunggul di dunia ini, tiada lagi yang lebih unggul daripada jasa kebajikan ini.

Anda menjawab orang itu sedemikian, ”Jika memang musuh kerabat penagih hutang si pasien datang mencariku, mohon berikan pembuktiannya, jika tidak ada bukti, hanya menyebarkan kabar burung, tidak boleh percaya pada orang begini”. 
Segalanya harus menuruti “Empat Andalan Dharma”  (Catvari Pratisaranani), yakni mengandalkan Dharma dan tidak boleh mengandalkan orangnya, mengandalkan makna yang tersirat dan bukan mengandalkan isi yang tersurat, mengandalkan ajaran yang tercantum dalam Tripitaka dan tidak mengandalkan ajaran di luar isi Tripitaka, mengandalkan kebijaksanaan dan bukan pada kesadaran, menuruti akal sehat dan bukan mengandalkan perasaan dalam menangani permasalahan, ini baru tepat.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:哈爾濱有位出家人說,「你們給他助念,他死後,他的冤親債主將來在你臨終時要跟你算帳」,所以有人就不敢助念了。我想這是不對的,可是又找不到依據來說明。
答:這道理很簡單,幫他助念,他到西方極樂世界作佛去,將來你臨終的時候,他的冤親債主來找你麻煩,那個佛就來幫助你,你操這個心做什麼?大慈菩薩講得好,「幫兩個人往生,比自己精進功德大;幫十幾個人往生,福報無量無邊;幫幾百個人往生,就是真正的菩薩」。助念是幫人往生成佛,是世間第一等功德,再也沒有比這種功德殊勝。
你可以回答那個人說,「他的冤親債主來找我,請拿出證據來,如果沒有證據,隨口造謠,不能取信於人」。一切要依佛教的「四依法」,「依法不依人」、「依義不依語」、「依了義不依不了義」、「依智不依識」,依理智不依感情用事,才是正確的。(摘錄自21-090-13

臨終助念答問
淨空法師主講