Sabtu, 02 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 37



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  37

Tanya :
Saat Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo), ada peserta yang suka melafal di dalam hati, apakah ini dapat memberi manfaat bagi yang meninggal dunia?

Jawab :
Melafal di dalam hati, hanya makhluk halus yang mengetahuinya, dengan melafal keluar suara, bukan saja dapat menyelamatkan almarhum, bahkan juga dapat menyelamatkan mereka yang dapat mendengarnya, nyamuk, serangga dan makhluk lainnya juga dapat memperoleh manfaat, maka itu melafal keluar suara lebih bagus daripada melafal di dalam hati.

Namun dikarenakan di rumahsakit, kamar pasien bersebelahan dengan kamar pasien lainnya, bila melafal terlalu keras suaranya, maka pasien di sebelah akan merasa terganggu. Peraturan hukum di luar negeri menetapkan larangan mengganggu pasien yang bersebelahan kamar, jika ada suara yang dianggap menganggu, maka mereka akan melapor ke polisi, polisi akan datang memberi peringatan, hal ini akan menimbulkan dampak pada kegiatan Zhu Nian.

Dalam keadaan ini, boleh melafal dengan suara kecil, agar tidak menganggu pasien bersebelahan kamar. Melafal dengan suara kecil atau gaya vajra, harus mengamati lingkungan saat itu, kini banyak orang yang menghadapi ajalnya di rumahsakit, maka itu sewaktu melafal Amituofo, suara harus diperkecil, jangan sampai mengganggu pasien kamar bersebelahan, ini harus menjadi bahan pertimbangan.
  

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:助念時有人喜歡默念,這樣亡者能否得到真實利益?
答:默念時只有鬼神知道,出聲念不但度亡人,也度一些能聽到的眾生,附近的蜎飛蠕動也能受益,所以出聲念比默念好。但是現在住的房子都很靠近,大聲念,隔壁就被干擾。國外的法律是不可以干擾鄰居的,有吵鬧聲就會報警,警察會來勸導,這對助念會產生影響。在這種環境下,可以小聲念,以不干擾鄰居為原則。小聲念或金剛持,要看當時的環境,現在很多人在醫院臨終,在醫院裡念佛,音調也要降低,不要干擾隔壁病房,這都是要考慮的。(摘錄自21-448-01



臨終助念答問
淨空法師主講