Minggu, 27 Juli 2014

Melenyapkan rintangan keraguan 02



Melenyapkan rintangan keraguan
(Bagian 2)

Setiap timbul keraguan di hati pasien : “Saya sudah melafal Amituofo, tetapi mengapa Buddha masih belum nampak?” Kadang kala juga curiga :”Sudah tiba waktu ajal, tidak tahu apakah Buddha Amitabha pasti datang atau tidak?” Maka anggota Zhu Nian harus menjelaskan pada pasien :”Tak peduli apakah sekarang bertemu Buddha atau belum, ini tidak penting, yang penting Amituofo yang anda lafal, setiap lafalannya dilafal dengan konsentrasi. Sampai ajal tiba, dengan sendirinya Buddha Amitabha akan muncul di hatimu yang sedang melafal namaNya, menjemputmu, anda juga di dalam hati yang sedang melafal Amituofo, mengikuti Buddha terlahir ke Alam Sukhavati.

Anda harus memusatkan perhatian melafal Amituofo, jangan ada keraguan, karena begitu keraguan muncul maka hatimu dan Hati Buddha jadi bersekat, merintangi diri sendiri sehingga tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Andaikata tidak timbul keraguan di hatimu, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka hatimu dan Hati Buddha Amitabha akan terjalin, pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, jangan ada keraguan sama sekali.

Ketahuilah bahwa seorang praktisi pada saat menjelang ajalnya memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, ada yang cepat dan ada yang agak lambat.  Yang cepat sekitar satu dua hari sebelum menghembuskan nafas terakhir, sudah melihat Buddha muncul di hadapannya, atau bahkan ada yang beberapa jam sebelum menghembuskan nafas terakhir, sudah melihat Buddha muncul di hadapannya, atau bahkan ada yang beberapa menit sebelum menghembuskan nafas terakhir, sudah melihat Buddha muncul di hadapannya; sedangkan yang agak lambat adalah setelah praktisi menghembuskan nafas terakhir baru melihat Buddha muncul di hadapannya (ketika kesadarannya keluar dari tubuh kasarnya), ketika Buddha muncul di hadapannya, adalah saat sang praktisi terlahir ke Alam Sukhavati”.

Setiap praktisi yang pada malam hari atau pagi hari, atau di dalam pelafalan Amituofo, atau di dalam mimpi, jika melihat penampakan bayangan yang mengerikan, atau mendengar suara-suara yang menyeramkan, sehingga hatinya merasa takut, merintangi pikiran benarnya, maka anggota Zhu Nian harus menjelaskan pada pasien:“Suara-suara dan bayangan yang menakutkan itu adalah musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampaumu yang anda bunuh dan celakai. Mereka tahu anda membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, makanya mereka menampakkan kondisi yang menyeramkan sehingga anda merasa ketakutan, merintangi anda melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati. Anda jangan merasa takut, jangan melihatnya, jangan mendengarnya, pusatkan perhatian melafal Amituofo, setiap lafalan penuh ketulusan, jangan sampai ada yang terputus, sehingga musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampaumu, tidak memiliki landasan untuk berdiri lagi, dengan sendirinya mereka akan lenyap”.

Jika melihat penampakkan dari sanak keluarga yang telah meninggal dunia, misalnya almarhum opa atau oma, atau almarhum ayahbunda datang untuk menjemputmu, haruslah tahu bahwa para pendahulu ini adalah jelmaan dari para makhluk di tiga alam penderitaan untuk mengelabuimu ikut ke tiga alam penderitaan menjalani siksaan. Janganlah mempedulikannya, hanya memusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, setiap niat pikiran melafal Amituofo jangan sampai terputus, maka para makhluk halus yang menjelma jadi mendiang sanak keluargamu, dengan sendirinya akan lenyap.  

Atau melihat ada Dewa yang muncul untuk menjemputmu bertumimbal lahir ke Alam Dewa, anda harus mawas diri, jangan sampai goyah dan terpikat, harus menanti hingga Buddha Amitabha, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta datang menjemputmu, barulah anda pergi mengikuti Mereka.

Harus diketahui bahwa Buddha Amitabha juga muncul dari pikiranmu yang melafal Amituofo, jika setiap niat pikiranmu melafal Amituofo, maka Buddha Amitabha akan muncul di hati sucimu yang sedang melafal Amituofo dan menjemputmu, dan anda juga dalam pikiran suci sendiri yang sedang melafal Amituofo mengikuti Buddha Amitabha terlahir ke Alam Sukhavati. Mohon diperhatikan! Mohon diperhatikan!
  

Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao
Sumber : 飭終須知

  


   

破除疑障

()


凡病人若是疑心說:「自己念佛,怎麼見不到佛?」又疑心:「自己到了命終,不曉得阿彌陀佛會來不會來?」那麼助念的人就要對病人說道:「凡現在已得見佛或沒有見佛,都沒有關係。設使現在還沒有見佛,到了臨終必定會得見佛的,最要緊的,就是你自己這句阿彌陀佛,念念要現前為準。到了臨終的時候,那阿彌陀佛自然在你念佛的心中,顯現接引你,你也是在念佛的心中,隨佛往生西方。你要留心念佛,切切不可再生疑心,設使疑心一生,你的心就與阿彌陀佛的心阻隔了,障礙自己不得往生西方。你若不生疑心,一心念佛,你的心就與阿彌陀佛的心感應道交,必定往生西方,一絲一毫不要疑心。當知行人臨終見佛現前接引的時候,是有早有遲的。早的或在一二日前見,或數小時前見,乃至數刻鐘數分鐘前見不等;若遲的要在行人將斷命根最後一剎那,(神識當離體的時候)佛才應念現前,(感應道交)佛現前時,即是行人見佛往生西方的時候。」

凡病人在夜間或日間,或在念佛定中,或在夢中,如有見到什麼惡形,或聽到什麼惡聲,心生驚怕,妨礙正念,那麼助念的人就要對病人說道:「這些惡形惡聲,都是多世以來被你所殺害的冤家。他們曉得你發心念佛,決定會生西方,所以特地現這種兇惡的境界來,使你心生害怕,障礙你不能念佛往生西方。你的心都不要驚怕他,不要看他,不要聽他,專心注意這句阿彌陀佛,念念懇切至誠,不可有一念間斷。那種魔鬼冤債,就沒有處所依立了,自然就消滅了。」

如有看見自己家裏亡故的眷屬,如祖公祖婆,或父母等人來接引你去者,要曉得這些祖公祖婆、父、母等人都是地獄、餓鬼、畜生三惡道裏的鬼神變化起來,騙你去到地獄三惡道裏受苦。你都不要理他,只管自己這句阿彌陀佛,念念不可停歇,那鬼神所變化的父母等人,自然就會沒有了。或有看見什麼天人或神人來接引你去生天或做神,你切切要謹慎,你的心念,絲毫不可被他動搖,就只西方阿彌陀佛,或觀世音菩薩大勢至菩薩來接引你,那麼你才去得。要曉得阿彌陀佛亦是由你自己念佛的心所感的,你的心若是念念念佛,那西方阿彌陀佛,就在你自己念佛的清淨心中顯現接引你,而你亦是在自己念佛的清淨心中隨著佛往生西方。注意!注意!