Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 70



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  70



Tanya :
Memberi ceramah pada pasien sebelum dan sesudah menghembuskan nafas terakhir mungkin berbeda, mohon guru memberi contohnya pada kami.    

Jawab :
Mengenai ceramah, para guru sesepuh sudah menetapkan aturan, jangan lagi menciptakan aturan baru. Saat pasien mendekati ajalnya, tidak boleh timbul niat pikiran lain, hanya satu niat pikiran ini saja, yakni menfokuskan pikiran melafal Amituofo,  maka itu tidak boleh ada ceramah kalimat kedua lagi. Jika memberi ceramah pada saat begini, ini adalah kesalahan, apalagi saat begini menyuruh pasien mendengar ceramah, ini juga salah.

Di dalam 48 tekad agung Buddha Amitabha ada disinggung tentang sepuluh lafalan terlahir ke Alam Sukhavati, satu lafalan saja dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu pada saat begini sepatah Amituofo sangat penting sekali. Jika sebersit niat pikiran terakhirnya adalah Amituofo, maka pasti terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu harus menjaga sebersit niat pikiran terakhirnya, setiap niat pikiran adalah Amituofo, tidak boleh ada niat pikiran kedua.

Kapan ceramah diberikan? Saat pasien berkata dia melihat sanak keluarganya yang telah meninggal dunia, maka anda harus memberitahukannya “Lafallah Amituofo, jangan pedulikan mereka”, ini adalah satu kalimat ceramah terbaik yang diberikan pada pasien. Pemandangan apapun yang muncul jangan dipedulikan, bila melihat Buddha Amitabha datang menjemput, barulah boleh mengikutiNya, jika melihat Buddha atau Bodhisattva lainnya yang muncul, jangan diladeni dan jangan dipedulikan, ini adalah ceramah penting. Selain itu jangan ada kata kedua lagi, tidak boleh ada kata lainnya lagi yang tercampur di dalamnya, inilah waktu yang tepat untuk ceramah.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:助念期間對病人或亡者的開示會不一樣,懇求老法師就開示的內容做一個規範,方便同修參照。
答:關於開示,古來祖師已有規矩,不能再立。人臨終的時候,最重要的就是不能起一個妄念,只有一個念頭,一心念阿彌陀佛,所以不能有第二種開示。這個時候講開示錯了,叫他聽經也錯了。四十八願裡頭講十念、一念都決定往生,這個時候就是一句佛號要緊。最後一念是佛號,決定往生,所以要照顧他最後一念,念念都是阿彌陀佛,不可以有第二念。什麼時候講開示?是在他告訴你,看到那些已過去的家親,這個時候就說「念阿彌陀佛,不要管他」,這是對臨終人最好的一句開示。什麼境界現前都不要管,看阿彌陀佛來了,才跟他去,看到什麼佛菩薩都不要理他,這是重要的開示。所以一句廢話都不能有,一句夾雜也不能有,這不是講經、講開示的時候。(摘錄自21-448-01

臨終助念答問
淨空法師主講