Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 151



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  151

Tanya :
Saat menjelang ajal, tidak ada orang yang datang membantu melafal Amituofo, sanak keluarga juga tidak memiliki keyakinan pada Ajaran Buddha, bagaimana seharusnya?

Jawab :
Hari ini hal yang paling penting adalah terlahir ke Alam Sukhavati, harus menjadikan hal ini sebagai urusan yang paling penting sepanjang hidup ini. Bagaimana caranya barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Harus memahami keadaan masyarakat sekarang ini, tidak boleh jatuh sakit, karena begitu jatuh sakit, maka diri sendiri tidak bisa jadi pengendali, harus menerima siksaan dari dokter, suster dan musuh kerabat penagih hutang dan diatur orang lain, sungguh merepotkan.

Pada saat ini dibutuhkan bantuan dari para sahabat Dharma untuk melindungi dan menjaga dirimu, siapa tahu saat menjelang ajal mendadak bertemu dengan kondisi semacam ini, sanak keluarga anda juga tidak percaya pada Ajaran Buddha, tidak percaya ini merupakan masalah yang benar-benar merepotkan.

Selama setengah abad belakangan ini, kita menyaksikan langsung dengan mata kepala sendiri, mendengarnya langsung, banyak umat awam dan anggota Sangha yang melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, dengan terlebih dulu mengetahui waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, tidak ada sakit, bilang pergi langsung pergi, semua ini merupakan contoh teladan bagi kita. Mereka telah memperagakan pada kita, mengajari kita agar memiliki kebulatan tekad, harus memiliki keyakinan hati, dengan demikian kendala apapun takkan ada.

Andaikata saat menjelang ajal jatuh sakit, pikun dan kebingungan, meskipun banyak orang yang datang membantunya melafal Amituofo juga tiada guna, gagal terlahir ke Alam Sukhavati, tetap terlahir kembali menuruti kekuatan karma. Harus memiliki mawas diri yang tinggi, jangan lagi melakukan kejahatan, sekarang juga harus bisa melepaskan kemelekatan, melafal Amituofo setulusnya, menempatkan melafal Amituofo sebagai hal utama yang terpenting dalam keseharian, sedangkan masalah lainnya hanyalah hal sepele yang tidak pantas taruh di hati.

Sejak kalpa yang tak tehitung hingga sekarang, kita berputar terus di enam alam tumimbal lahir, semoga praktisi sekalian dapat serius melatih diri, jangan sia-siakan kelahiran kali ini.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:命終時沒有人來助念,家親眷屬不信佛,不相信這一套,該怎麼辦?
答:我們今天最重要的事,就是往生淨土,要把這件事當作此生第一樁大事來辦。怎樣才能往生?一定要了解現在的社會狀況,不能生病,一旦生病,自己就做不了主,要受醫生、護士、冤親債主及別人的擺布,非常麻煩。這時候要有好的同參道友來保護你、照顧你,萬一臨終時沒遇到這種人,你的家親眷屬又不信佛,不信這一套,麻煩就大了。近半個世紀以來,我們親眼所見,親耳所聞,許多在家、出家念佛往生,預知時至沒有病苦,說走就走,這些都是我們的榜樣。這些人給我們做示範,教導我們要有決心、要有信心,這樣什麼障礙都沒有。
臨命終時如果生病,迷惑顛倒,許多人來助念也沒用,西方極樂世界還是去不成,依舊是隨業流轉。要有高度的警覺心,不要再做傻事,現在就馬上放下,老實念佛,把念佛當作日常最重要的一樁大事,其他雞毛蒜皮的小事不值一提。我們無量劫來在六道輪迴裡打滾,希望同學們能認真努力,不要辜負這一生。(摘錄自12-17-1028

臨終助念答問
淨空法師主講