Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 119




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  119

Tanya :
 Ada seorang lansia yang berusia 87 tahun menderita kanker liver stadium akhir, waktu dulu belum pernah melafal Amituofo, saat menjelang ajal tidak menderita, kesadarannya bagus, kira-kira dua jam sebelum meninggal dunia, barulah mulai mengikuti para sahabat Dharma melafal Amituofo, sampai akhirnya pada huruf “Fo” dari kata Amituofo, menghembuskan nafas terakhir, wajahnya damai, apakah lansia ini pasti terlahir ke Alam Sukhavati? Jika tidak terlahir ke Alam Sukhavati, maka ke mana beliau akan terlahir kembali?

Jawab :
Tanda-tanda ini bagus, jodohnya bagus, sebersit niat pikiran terakhir adalah Amituofo. Andaikata punya niat ingin terlahir ke Alam Sukhavati, tiada keraguan sama sekali, pasti dapat terlahir ke sana; sebaliknya jika mengikuti hadirin melafal Amituofo, namun tidak punya niat untuk terlahir ke Alam Sukhavati, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, jadi harus kembali pada niatnya.

Jika hanya melafal Amituofo, tetapi tidak ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka pada umumnya orang begini akan terlahir di alam surga; jika masih memikirkan harta benda duniawi, maka akan terlahir kembali di alam manusia, yang pasti takkan jatuh ke tiga alam penderitaan. Jodoh ini sangat sulit diperoleh, ini adalah saat menjelang ajal bertemu dengan jodoh yang istimewa.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:一位八十七歲肝癌末期的老人家,以前從未念佛,臨命終時沒有痛苦,神智清醒,大約在臨終前兩小時,才開始跟著助念蓮友念阿彌陀佛聖號,念到最後阿彌陀佛的佛字,嚥下最後一口氣,神態祥和,老人家是否決定往生極樂世界?如果不往生極樂世界,他可能往生何處?
答:這種瑞相好,他的緣分好,最後一念,念的是阿彌陀佛。如果有心求生極樂世界,毫無疑問,決定得生;如果跟著大家念佛,沒有求生極樂世界的意願,那就不能往生,所以就看他的願望。如果只有念佛的意願,不想往生極樂世界,這種人多半會生天;如果還常常想著人間的富貴,那就到人道來,決定不會墮三惡道。這個機緣很難得,這是臨終遇緣殊勝。(摘錄自21-83-01

臨終助念答問
淨空法師主講