Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 152



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  152

Tanya :
Bagaimana caranya supaya dapat memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati? Orang tipe bagaimana yang tidak memerlukan orang lain membantunya melafal Amituofo?

Jawab :
Jika ingin berhasil dalam kelahiran ini, maka cara yang paling aman dan terjamin, metode yang paling cepat, yakni terlahir ke Alam Sukhavati belajar pada Buddha Amitabha. Master Shan Dao adalah jelmaan Buddha Amitabha, beliau berkata “puluhan ribu orang yang melatihnya maka puluhan ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”, yang juga merupakan ucapan yang dilontarkan langsung oleh Buddha Amitabha.

Hari ini kita terlahir sebagai manusia, bertemu dengan Buddha Dharma, juga mendengar pintu Dharma Tanah Suci, asalkan dapat membangkitkan keyakinan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka dalam satu kehidupan ini pasti dapat meraih keberhasilan. Saat menjelang ajal takkan jatuh sakit, baik perginya dalam posisi berdiri, atau duduk bersila, tidak memerlukan bantuan orang lain, ini barulah benar-benar leluasa, praktisi sedemikian saat menjelang ajal tidak memerlukan bantuan orang lain membantunya melafal Amituofo, tidak perlu memohon pada orang lain; hanya para praktisi yang ketrampilan melafal Amituofo nya masih belum mahir, barulah memerlukan bantuan insan lain.

Memohon bantuan orang lain sungguh tidak mudah, bertemu dengan jodoh yang baik, orang-orang akan membantumu terlahir ke Alam Sukhavati; tetapi jika bertemu dengan jodoh buruk, yang datang membantumu, mereka memiliki pendapat yang berbeda-beda, maka ini merupakan masalah besar, mungkin saja malah akan menghalangimu terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu diri sendiri harus tekun melatih diri, menempatkan urusan melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, sebagai hal utama yang paling penting sepanjang hidup ini, sedangkan masalah lainnya adalah hal sepele, menuruti apa adanya saja.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:怎樣才能真正有把握自在往生?怎樣的人往生時可以不需要別人助念?
答:要想這一生真正能成就,最穩當、最快速的方法,就是去西方極樂世界親近阿彌陀佛。善導大師是阿彌陀佛化身來的,他說「萬修萬人去」,也就是阿彌陀佛親口宣揚的。我們今天得人身,遇到佛法,又聽到淨土法門,只要能夠相信,能夠專心,能夠守一,這一生決定成就。臨走的時候不生病,站著走、坐著走,不需要別人幫助,這是真自在,這些人往生沒有人助念,不求人;只有功夫做得不夠,才需要人幫忙。求人幫忙不簡單,遇到善緣,大家幫助你往生;如果是惡緣,來助念的人意見很多,那就麻煩了,可能障礙你往生。所以要認真努力修行,把念佛往生極樂世界這件事,看作是這一生的第一樁大事,其餘的都是雞毛蒜皮小事,隨緣就好。(摘錄自12-47-28

臨終助念答問
淨空法師主講