Selasa, 12 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 143



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  143

Tanya :
Saya telah mengurus sebuah kelompok pelafal Amituofo selama beberapa tahun, sekarang banyak sahabat Dharma yang menasehatiku, agar saya terlebih dulu menyempurnakan diri sendiri, barulah kemudian membantu orang lain melafal Amituofo. Tetapi masih juga ada umat yang mengundangku pergi Zhu Nian, tidak tahu bagaimana sebaiknya?

Jawab :
Zhu Nian adalah memberi manfaat pada diri sendiri dan orang lain, diri sendiri melafal Amituofo, bersamaan itu pula juga membantu orang lain. Ucapan Bodhisattva Maha Maitri sungguh bagus, “Dapat membantu dua orang melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, melampaui jasa kebajikan diri sendiri melatih diri dengan tekun, dapat membantu belasan orang melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, pahalanya besarnya tak terhingga”.  

Membantu beberapa orang terlahir ke Alam Sukhavati, saat tiba giliran diri sendiri menghadapi saat ajal, mereka di Alam Sukhavati pasti akan menarik Buddha Amitabha sambil berkata, “Kami dapat terlahir di sini adalah berkat bantuannya, sekarang kami ingin ikut menjemputnya bersama-sama”. Terhadap hal yang masuk akal, semua orang akan memiliki pemikiran yang sama, maka itu harus serius melakukannya, memberi manfaat pada diri sendiri dan orang lain, juga tidak merintangi diri sendiri melafal Amituofo.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:我組織念佛會已有幾年,現在有同修多次勸我,要先成就自己,然後再幫別人助念。可是還是有些同修、朋友找我去助念,不知道該怎樣做才對。
答:助念是自利利他,自己念佛,同時又能幫助別人。大慈菩薩講得好,「能夠幫兩個人念佛往生,比自己修行的功德大;能幫十幾個人念佛往生,福報就大得不得了」。幫十幾個人往生極樂世界,自己臨終時決定往生,因為臨終的時候,他們在極樂世界一定拉著阿彌陀佛說,「我們能來都靠他,現在一起去接引他」。人同此心,心同此理,所以要認真做,自他兩利,並不妨礙自己念佛。(摘錄自21-247-01

臨終助念答問
淨空法師主講