Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 27



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 27

Tanya :
Peraturan hukum Hongkong menetapkan begitu pasien meninggal dunia harus segera diantar ke kamar mayat, bagaimana cara untuk menyelamatkan alayavijnana nya?

Jawab :
Buddha membabarkan bahwa saat manusia menghembuskan nafas terakhir, jantung sudah berhenti berdetak, tetapi alayavijnana nya masih belum meninggalkan tubuh kasarnya, paling sedikit delapan jam kemudian barulah boleh dipindahkan, sebaiknya di atas 12 atau 14 jam kemudian, ini lebih aman.

Namun peraturan hukum Hongkong tidak mengijinkan hal ini, rumahsakit juga takkan mengijinkannya, setelah pasien menghembuskan nafas terakhir, sepuluh menit kemudian pasti akan dipindahkan keluar.  Banyak praktisi yang bertanya padaku, bagaimana ini?

Saat kini Hongkong sedang mengadakan pemilihan anggota legislatif, maka kita mendukung anggota legislatif ini agar mereka mau mengubah peraturan perundangan ini, memperpanjang waktu dari 10 menit menjadi 8 jam, mengijinkan pasien yang meninggal dunia di rumahsakit boleh didiamkan selama delapan jam baru dipindahkan, ini adalah jasa kebajikan tak terhingga.

Bagaimana kalau peraturan perundangan ini masih belum diubah? Ke Tiongkok saja, Taiwan juga boleh, jaraknya juga tak seberapa, sangat leluasa. Di Shenzhen ada sebuah rumahsakit, kepala rumasakitnya adalah pemeluk Agama Buddha, sangat memahami hal yang berkaitan dengan saat menjelang ajal, pasien yang meninggal dunia di rumahsakitnya, boleh melakukan Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo) selama delapan hingga sepuluh jam lamanya.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:香港法律規定往生要立刻送太平間,請問有什麼補救的辦法?
答:佛說人斷氣,心臟停止跳動,但神識還沒有離開,至少八個小時之後再移動,最好超過十二個小時、十四個小時,就更安全了。此地法律不容許,醫院也是決定不許可的,斷氣後十分鐘一定要移走。很多同修問我怎麼辦?現在香港在改選議員,去找這些議員,支持這些議員當選,請他們把這條法律改掉,把十分鐘延長到八個小時,容許人斷氣後在醫院停留八個小時再移動,那就功德無量了。
法律還沒有改之前怎麼辦?到中國大陸去,台灣也可以,距離都不太遠,很方便。深圳有間醫院,院長是佛教徒,很了解臨終關懷,在他的醫院往生,可以助念八個小時、十個小時。(摘錄自21-397-01

臨終助念答問
淨空法師主講