Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 29



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 29

Tanya :
Guru, anda pernah berkata, saat seseorang menghembuskan nafas terakhir, setelah 14-24 jam kemudian, maka boleh menuruti adat istiadat yang berlaku atau diperabukan atau dimasukkan ke kamar beku. Tetapi mengapa di dalam buku “Bagaimana cara melafal Amituofo agar terlahir ke Alam Sukhavati tak mundur dari pencapaian KeBuddhaan”, ada disinggung bahwa untuk memperabukan harus menunggu hingga tujuh hari ke depan, atau paling sedikit harus disemayamkan selama tiga hari?

Jawab :
Disemayamkan selama tiga hari atau tujuh hari, keadaan masyarakat sekarang tidak mengijinkan lagi, hanya berharap agar negara dapat mengubah peraturan perundangan, jika tidak bisa diubah, maka hanya bisa mematuhi peraturan hukum yang sudah ditetapkan negara. Rumahsakit sekarang, begitu pasien menghembuskan nafas terakhir, 10 menit kemudian segera diantar ke kamar mayat untuk dibekukan.

Hal ini ditinjau dari segi Ajaran Buddha, adalah sungguh menakutkan, karena setelah seseorang menghembuskan nafas terakhir, alayavijnana nya belum meninggalkan tubuhnya. Jika dapat disemayamkan selama tiga hari atau tujuh hari adalah yang paling bagus, ini adalah wujud perhatian padanya juga rasa perikemanusiaan, tidak tega begitu cepat menguburnya. Selama tiga hingga tujuh hari, jika jasad almarhum masih lembut, menyaksikan perubahan ini, akan menambah keyakinan bagi praktisi lainnya.

Pengurus Han meninggal dunia, tujuh hari kemudian baru dimasukkan ke peti jenazah, ketika dimandikan dan digantikan pakaian, seluruh tubuhnya masih lembut, wajahnya tampak lebih muda daripada semasa hidupnya, semakin berubah semakin bagus, sungguh tampak serupa sedang tidur, tidak seperti orang yang sedang sakit, ini memberikan praktisi lainnya keyakinan yang sangat besar.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:老法師曾說,人在斷氣後助念十四到二十四小時,就可隨順風俗人情予以火化或冷凍。但為何《怎樣念佛往生不退成佛》一書裡提到,火化要在七天以後,或至少要停放三天?
答:停放三天、七天,現在的社會不許可,只能希望國家修改法律,如果不能改,只好遵守國家的法令規章。現在的醫院,人斷氣十分鐘就送太平間冰起來,
這在佛門來講,是很可怕的,因為人斷氣之後,神識尚未離開。能夠停三天或七天最好,這是對他的懷念,也是人道,不忍心那麼快將他埋葬。這三天到七天,如果學佛人的身體還是柔軟的,看到這樣的變化,會增長學佛人的信心。韓館長入殮是在七天後,洗澡換衣服的時候,全身柔軟,容貌變得更年輕,愈變愈好,確實像在睡覺,不像有病的樣子,這給大家增長很大的信心。(摘錄自21-298-01

臨終助念答問
淨空法師主講