Sabtu, 02 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 48



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  48

Tanya :
Saya bertugas mengantar kepergian pasien ke Alam Sukhavati, melakukan Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo) sudah tiga tahun lamanya, menuruti tata cara yang diajarkan guru sesepuh, sekarang ada orang yang menyarankan hanya dengan mengulang sepatah Amituofo saja untuk mengantar kepergian pasien ke Alam Sukhavati.

Tata cara yang biasanya kami lakukan adalah yang pertama melantunkan gatha pujian pesamuan kolam teratai (Lian Chi Zan), yang kedua adalah membaca  Amitabha Sutra, yang ketiga adalah Sutra Hati, yang keempat adalah melafal Sukhavati Vyuha Dharani, kemudian melantunkan Gatha Pujian Buddha Amitabha, dilanjutkan dengan melafal Amituofo, setiap hari melafal Amituofo selama lebih dari 20 jam, lalu membaca gatha Trisarana dan pelimpahan jasa, apakah tata cara kami ini sudah benar adanya?

Jawab :
Ini mungkin terlalu panjang, sesepuh mengajarkan kita bahwa “daripada membaca sutra lebih baik melafal mantra, daripada melafal mantra lebih baik melafal Amituofo”. Dalam detik-detik yang sangat menentukan ini, semakin sederhana semakin efektif; semakin ribet maka kekuatannya jadi tereliminasi.

Dalam detik-detik yang sangat menentukan ini, asalkan dapat menggenggam erat sepatah Amituofo, yang lainnya tidak perlu. Seluruh sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, semuanya ada dalam sepatah Amituofo.  Sepatah Amituofo adalah pintu Dharma yang mencakup keseluruhan pintu Dharma, inti dari seluruh pintu Dharma, satupun takkan ketinggalan, maka itu sepatah Amituofo sudah cukup!

Guruku, Upasaka Li Bing-nan saat menjelang ajal juga hanya menggunakan sepatah Amituofo, selama 49 hari berturut-turut tanpa henti, ini belum pernah terjadi sebelumnya, selanjutnya kami tidak pernah melihat keadaan serupa ini lagi. Di “Perpustakaan Hua Zang” di Taipei, saat Pengurus Han wafat, juga sepatah Amituofo selama 49 hari berturut-turut siang malam tak terputus, ini merupakan jalinan jodoh yang langka, dapat dijadikan bahan pertimbangan buat anda.

Jangan sampai membuat tata upacara yang begitu rumit, selama 49 hari sebaiknya juga hanya mengulang sepatah Amituofo, jasa kebajikan ini tak terhingga juga tak terbatas.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:負責送往生、助念已有三年,都是按祖師的儀規,現在有人提出只要念一句佛號送往生。我們做佛事是第一唱蓮池讚,第二誦《彌陀經》,第三誦《心經》,第四念往生咒、唱讚佛偈、念佛號,每天念二十幾個小時的佛號,然後唱三寶迴向,請問可否?
答:這嫌多了一點,古大德教導我們,「誦經不如持咒,持咒不如念佛」。在緊要關頭,愈簡單,愈有力量;愈複雜,力量就消失了。在最緊要的關頭,只要抓住一句佛號,其他的都不需要。釋迦牟尼佛四十九年所講的一切經,全都在這句佛號裡面。佛號是大總持法門,是佛法的總綱領,一個都不少,所以一句佛號就好!
我的老師李炳南老居士往生,就是一句「阿彌陀佛」,四十九天不間斷,真是空前絕後,以後再也沒有這種場面了。台北景美「華藏圖書館」韓館長往生,也是四十九天一句佛號日夜不間斷,這都是希有的因緣,提供給你做參考。不要搞得那麼複雜,四十九天之內最好就是一句佛號,功德無量無邊!(摘錄自21-090-48

臨終助念答問
淨空法師主講