Selasa, 05 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 106



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  106

Tanya :
Ada praktisi yang takut bila bencana datang, melafal Amituofo tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu sengaja memperbanyak VCD “Menyelamatkan diri sendiri di Antarabhava” secara besar-besaran untuk disebarluaskan, agar semua insan mengenali keadaan di periode Antarabhava, menganggap bahwa dengan demikian bisa membantu semua orang agar waktu berada di Antarabhava dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Berdasarkan teori mereka, mengira bahwa dengan berulang-ulang menonton VCD ini agar bisa terekam di dalam alayavijnana supaya nantinya waktu berada di Antarabhava bisa menyelamatkan diri sendiri. Apakah ini tidak sesat?

Jawab :
Sekarang saja ketika kesadaran masih jelas sudah tidak memiliki keyakinan hati, apalagi nantinya sampai di Antarabhava dikhawatirkan keadaannya lebih memburuk daripada saat kini, apakah anda masih bisa mengingat tehnik yang diajarkan? Ini tidak bisa diandalkan.

Sedangkan ucapanku ini barulah yang bisa diandalkan, yakni sekarang baik-baik mengulang sepatah Amituofo, atau begitu mata terbuka segera pandanglah rupang Buddha Amitabha, Buddha Sakyamuni berkata “sekali melewati telinga, selamanya menjadi benih vajra”,  di kemudian hari pasti terselamatkan, mengapa demikian?

Karena di Alayavijnana ada benih KeBuddhaan, kapan baru terselamatkan? Ini harus melihat faktor pendukungnya, mungkin beberapa puluh ribu tahun kemudian, juga mungkin beberapa puluh ribu kalpa  kemudian. Jika ingin pada kelahiran ini juga memperoleh penyelamatan, maka janganlah memikirkan tentang Antarabhava, jika memikirkan Antarabhava, ini menunjukkan tidak memiliki keyakinan hati, tidak percaya diri, kalau demikian halnya, nanti sampai di Antarabhava juga tidak punya keyakinan hati, tidak percaya diri, tidak bisa diandalkan. Saat keyakinan hati tidak teguh, maka perlu banyak belajar ajaran sutra.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:有些同修擔心災難來時,念佛不能往生,於是大量刻錄「中陰身救度」光碟發送與人,讓大家認識中陰身的環境,認為這樣能幫助大家在中陰身時往生西方。根據他們的說法,以為多看「中陰身救度」的片子,深深記在八識中就能自救。請問如法嗎?
答:現在神智清楚都沒有信心,到中陰身恐怕比現在的狀況還差,你還能記起來嗎?這不可靠。我說的方法是真可靠,你現在念一聲佛號,或是睜開眼睛看一尊佛像,佛說「一歷耳根,永為道種」,將來一定得度,為什麼?阿賴耶識裡有佛的種子。什麼時候得度?那就看緣分了,可能是多少萬年之後,也可能是多少萬劫之後。想要在這一生得度,就不要想到中陰身,想到中陰身就是沒有信心、沒有把握,現在沒有信心、沒有把握,相信到中陰身的時候,也是沒有信心、沒有把握,靠不住的。在信心不足的時候,要多聽經、多學習。(摘錄自21-388-01


臨終助念答問
淨空法師主講