Rabu, 13 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 154



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  154

Tanya :
Saat menjelang ajal waktunya amat singkat, bagaimana dalam keadaan tanpa bantuan insan lain, namun diri sendiri memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Di dalam Maha-prajna-paramita-sastra pada bab 28 ada sebuah ceramah, yang artinya demikian, meskipun sepanjang hidup tidak serius melatih diri, namun saat menjelang ajal, waktu yang tersisa sangat sedikit, jika dalam waktu yang singkat ini dapat serius melatih diri, maka akan melampaui pelatihan diri sepanjang hidup. Mengapa demikian? Siang malam tiada henti, menfokuskan pikiran, mengerahkan segenap kemampuan dan serius melakukannya, maka dapat berhasil.

Jika sudah memahami kenyataan yang sesungguhnya maka pada keseharian harus menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, harus mengandalkan diri sendiri. Tidak perlu memohon bantuan orang lain, dengan mengandalkan diri sendiri meraih keberhasilan, contoh ini sangat banyak, misalnya murid Master Di Xian yang bernama Guo Lou-jiang, tidak ada orang lain yang membantunya melafal Amituofo, namun waktu meninggal dunia dia pergi dengan posisi berdiri. Kemudian ada lagi contoh lain yakni Bhiksu Xiu Wu yang mengetahui waktu ajalnya, mencari beberapa orang untuk membantunya melafal Amituofo kemudian dia memperlihatkan pada semua hadirin bahwa pelatihan dirinya telah berhasil.

Di kotapraja Changchun, Tainan, ada seroang nyonya tua yang melafal Amituofo selama tiga tahun, menjelang ajal tidak ada yang membantunya melafal Amituofo, namun dia perginya dalam posisi berdiri. Di San Francisco, California, sahabat karib nyonya tua Gan, tengah malam terlahir ke Alam Sukhavati dalam posisi berdiri, juga tidak ada yang membantunya melafal Amituofo. Kemudian di Shenzhen, Upasaka Huang Zhong-chang juga tidak ada yang membantunya melafal Amituofo. Contoh lain yakni ketua yayasan Jushilin Singapura, Upasaka Chen Guang-bie jatuh sakit, selama beristirahat di rumah, sehari mendengar delapan jam VCD ceramah, selama empat tahun. Empat tahun ini telah membuatnya memahami kebenaran, melepaskan semua kemelekatan, melafal Amituofo berkesinambungan, akhirnya beliau berhasil.

Maka itu meskipun saat menjelang ajal waktu yang tersedia amat mendesak, namun jika benar-benar membangkitkan ketekunan dan keseriusan melatih diri, gigih tanpa gentar, maka ini akan melampaui pelatihan diri sepanjang hidup.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:臨終前時間很短,怎樣才能在沒有助緣下有把握能自在往生?
答:《大智度論》第二十八卷裡有一段開示,「臨終少時,能勝終身行力,以猛利故,如火如毒」。這是講一生中雖然沒有真正用功,沒有修行,但臨命終時,時間雖然少,如果真正肯幹,就勝過一生的修行。為什麼?日夜不間斷,集中精力真幹,就能成功。
知道事實真相,平常就要積功累德,要靠自己。不需要助念,靠自己成就的例子很多,譬如,諦閑老和尚講的鍋漏匠,沒有人助念,站著走的。修無師預知時至,找幾個人助念是示現給大家看的,功夫成就了。將軍鄉的老太太念佛三年,沒有人助念,站著往生。舊金山甘太太的老朋友,晚上坐著往生,也沒有人助念。最近深圳的黃忠昌居士也是沒有人助念。新加坡居士林老林長陳光別居士生病,在家養病,沒事就聽經,一天聽八個小時,聽了四年。這四年彌補了他的一生,他真的搞明白了,一切放下,一句佛號念到底,他成功了。所以,臨終前時間雖然少,如果肯用功猛利,勇猛精進,就超過一生。(摘錄自12-17-1789


臨終助念答問
淨空法師主講