Kamis, 07 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 128




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  128

Tanya :
Buddha Amitabha tidak memiliki rupa yang tetap, saat menjelang ajal Buddha yang muncul itu, asli atau samaran? Atau musuh kerabat penagih hutang yang menyamar, bagaimana cara membedakannya? Terutama saat menjelang ajal, dalam kondisi agak kabur dan tidak terlalu jelas, bagaimana sebaiknya?

Jawab :
Ini memang merupakan permasalahan, namun juga tidak perlu merisaukannya, rupa Buddha Amitabha yang muncul kita pasti bisa mengenaliNya, takkan salah mengenaliNya. Praktisi pelafal Amituofo, bahkan praktisi Ajaran Buddha, saat menjelang ajal, Buddha akan menjelma sesuai dengan yang setiap hari anda lafal namaNya, andaikata setiap hari anda melafal Amituofo, maka saat menjelang ajal jika Buddha Amitabha yang muncul maka ini takkan salah.

Dalam Buddha Dharma ada sebuah aturan, yakni tidak boleh menyamar sebagai Buddha Amitabha, andaikata Mara dan makhluk halus jahat lainnya,  musuh kerabat penagih hutang menyamar jadi Buddha Amitabha untuk memperdayaimu,  maka Dewa Pelindung Dharma takkan membiarkan hal ini, Mereka akan bertindak; andaikata para makhluk jahat menyamar sebagai Buddha Sakyamuni, maka Dewa Pelindung Dharma takkan campur tangan, karena bukan Buddha Amitabha, andaikata anda terpikat dan mengikuti Buddha Sakyamuni pergi, ini adalah kesalahan anda sendiri.

Praktisi pelafal Amituofo saat menjelang ajal, andaikata bukan Buddha Amitabha yang datang menjemput, Buddha dan Bodhisattva lainnya yang muncul, janganlah diladeni dan janganlah dipedulikan, maka takkan ada masalah.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:阿彌陀佛沒有固定的相,臨終時出現的是真的還是假的?或是冤親債主化現的,該怎麼區別?特別在臨終時,不是十分清楚的狀況下,該怎麼辦?
答:這確實是個問題,但大可放心,臨終時佛現的相決定認識,絕不會認錯。念佛人,乃至於學佛的人,臨終時,佛現的相是本尊,天天念阿彌陀佛,阿彌陀佛來了,決定不會錯。佛法有個規矩,不可以變本尊,如果妖魔鬼怪、冤親債主變現佛的本尊來騙我們,護法神不會饒他;如果現的相是釋迦牟尼佛,護法神不會干涉,因為不是本尊,要是跟釋迦牟尼佛去,那就是自己的錯。念佛人臨終時,如果不是阿彌陀佛來接引,任何佛菩薩現前都不理會就沒事。(摘錄自21-090-76

臨終助念答問
淨空法師主講