Sabtu, 02 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 47



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  47

Tanya :
Jika melihat kondisi pasien telah kritis lalu menyarankan agar membaca Ksitigarbha Sutra, jika sudah demikian, penyakit pasien malah bertambah gawat, sanak keluarga mungkin malah akan berkata bahwa Buddha Dharma tidak efektif, apakah dengan demikian akan mengakibatkan sanak keluarga jadi menfitnah Buddha Dharma?

Jawab :

Memang benar, ini harus diperhatikan. Saat jatuh sakit membaca Ksitigarbha Sutra adalah membantu pasien mengeliminasi rintangan karma, melimpahkan jasa kebajikan dari membaca Ksitigarbha sutra dengan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah tindakan yang benar, hal ini ada disinggung dalam “Sutra Usia Tanpa Batas, bagian tiga tingkatan kelahiran di Alam Sukhavati”.

Di dalam bagian ini ada empat alinea, tiga alinea pertama adalah mengenai praktisi yang terlahir pada tingkatan atas, tingkatan menengah dan tingkatan bawah. Alinea terakhir adalah menjelaskan bahwa mereka yang membaca sutra Mahayana lainnya, tak peduli apakah praktisi ini bukan mempelajari metode Sukhavati juga tak masalah, menjelang ajalnya, asalkan hatinya tulus menyeluruh, melimpahkan jasa kebajikan dari membaca sutra Mahayana ke Alam Sukhavati, maka Buddha Amitabha juga akan datang menjemputnya.

Maka itu Aliran Sukhavati sangatlah luas dan besar, asalkan saat menjelang ajal dapat membangkitkan keyakinan, tak peduli praktisi itu melatih pintu Dharma manapun, membaca sutra yang manapun, semuanya dapat terlahir ke Alam Sukhavati; namun saat menjelang ajal jika tidak mampu membangkitkan keyakinan, maka ini juga sungguh tak berdaya.
  
Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:向病重者推薦誦《地藏經》,若其病情加重,家人可能會說佛法不靈,這樣是否造成別人毀謗佛法?
答:確實,這應當要注意。生病的時候念《地藏經》是幫他消業障,把念《地藏經》的功德迴向求生淨土是如法的,這在《大乘無量壽經.三輩往生》這一品裡講到。這品經有四大段,前三段是上輩往生、中輩往生、下輩往生,最後一段是講讀誦一切大乘經典,不論是不是修淨土的人都沒關係,臨終時,只要心真誠懇切,把讀誦大乘經典的功德迴向求生淨土,佛還是會來接引。所以淨宗法門非常廣大,只要臨終相信,無論修什麼法門,誦什麼經典,統統都可以往生;臨終如果不信,就沒辦法了。(摘錄自21-326-01



臨終助念答問
淨空法師主講