Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 99



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  99

Tanya :
Orang yang mati dalam kecelakaan, apakah bisa karena ketulusan Zhu Nian dan ceramah yang tepat sasaran sehingga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, dan bukan seperti kepercayaan takhayul yang bilang harus menanti hingga berhasil mencari pengganti baru bisa bertumimbal lahir? Jika karena demikian maka berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, apakah ini karena benih dan faktor pendukung yakni akar kebajikan dan berkah kebajikan yang dipupuknya pada masa kelahiran lampau mendalam dan tebal? Atau karena semua makhluk sempurna akan Jiwa KeBuddhaan, sehingga asalkan membangkitkan ketulusan, maka almarhum dapat melepaskan kemelekatan, mengikuti Buddha Amitabha terlahir ke Alam Sukhavati?

Jawab :
Orang yang meninggal dunia karena kecelakaan, asalkan dapat menerima bimbingan dari orang lain, segera mengamalkannya sesuai dengan ajaran, melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, ini adalah pada masa kelahiran lampau benih sebab melatih Ajaran Sukhavati sangat mendalam, sehingga begitu diingatkan, maka langsung tersambung dengan akar kebajikan masa kelahiran lampau, dengan demikian dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Mengenai harus mencari pengganti, itu karena rintangan karmanya mendalam dan berat, yang juga dapat dikatakan sebagai pikiran tumimbal lahir menciptakan karma tumimbal lahir, maka ini harus menunggu hingga ada yang menggantikannya barulah dia dapat meninggalkan lokasi dan bertumimbal lahir.

Maka itu bila diamati dengan seksama, maka dapat menemukannya, di tempat lokasi kecelakaan mobil, akan sering terjadi kecelakaan mobil lainnya, ini karena hendak mencari pengganti. Tetapi arwah penasaran juga tidak bisa sembarangan mencari pengganti, yang berhasil dicarinya pasti memiliki kesalahan, barulah  arwah penasaran memiliki kesempatan.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:意外死亡的人,是否能因至誠助念及適當的開示往生極樂世界,而非如傳聞所說,一定得找替身才能投胎?若因此往生,是否算是前生所修善根福德深厚?還是佛性本具,只要至誠感通,都能令亡者放下執著,隨佛往生?
答:意外往生的人,凡是能夠接受別人的勸告,立刻依教奉行,念佛求往生,這是過去生修淨土的因很深,一經提醒,就把前世的善根接上,這樣確實能往生。至於要找替身,那是業障深重,也就是說,還是輪迴心造輪迴業,那就一定要找到替身才能離開現場。所以細心觀察就會發現,出車禍的地方,就會常出車禍,那是在找替身。但是冤魂不能隨便找替身,被找的人一定有過失,冤魂在那裡等到了機會。(摘錄自21-279-01

臨終助念答問
淨空法師主講