Rabu, 06 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 118



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  118

Tanya :
Mengapa dikatakan bahwa orang yang melakukan Pancanantariya Karma dan sepuluh kejahatan, sepuluh lafalan meraih keberhasilan membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati pada Bunga Teratai tingkatan bawah bagian bawah, semuanya memperoleh tiga ketidakmunduran? Mohon ceramah Dharma Master, menjelang ajal satu lafalan hingga sepuluh lafalan bisa berhasil, membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, tercantum di mana?

Jawab :
Kebenaran ini sangat mendalam, kenyataannya merupakan kondisi batin yang tak terbayangkan, sepatutnya membangkitkan keyakinan mendalam jangan ada keraguan sedikitpun. Menjelang ajal serupa dengan kasus Zhang Shan-he, bahkan di dalam Amitayurdhyana Sutra tercantum tentang Raja Ajatasatru yang melakukan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, menjelang ajal sepuluh lafalan terlahir ke Alam Sukhavati, ini termasuk melakukan pertobatan terlahir ke Alam Sukhavati.

Bertobat dengan setulusnya, kekuatan pertobatan akan semakin besar, tingkatan bunga teratai semakin tinggi, belum tentu terlahir pada bunga teratai tingkatan bawah bagian bawah. Buddha memberitahukan pada kita, Raja Ajatasatru terlahir di Alam Sukhavati pada bunga teratai tingkatan atas bagian menengah, dapat dilihat bahwa tidak boleh memandang rendah pada orang yang pernah melakukan karma buruk, mungkin saat akar kebajikannya muncul, saat menjelang ajal sebersit niat pikiran terakhir terlahir ke Alam Sukhavati, ketrampilan melatih diri ini melampaui daya upaya kita melatih diri sepanjang hidup.

Ini berdasarkan 48 tekad agung yakni tekad ke-18, merupakan pemberkatan tekad Buddha Amitabha, barulah dapat berhasil, sungguh tak terbayangkan.


Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:何以說五逆十惡之人,十念成就帶業往生淨土居下下品者,皆得三不退?請法師開示,臨終十念一念成就帶業往生是根據什麼為指南?
答:這個理很深,事確實有不思議的境界,應當深信不疑。臨終像張善和這一類的,甚至《觀無量壽佛經》裡所說的阿闍世王造五逆十惡罪,臨終都是十念往生,這是屬於懺悔往生。真心懺悔,懺悔的力量愈大,品位就愈高,不一定是下下品往生。佛告訴我們,阿闍世王往生的品位是上品中生,可見不能輕視造作惡業的人,也許他的善根發現,臨終一念往生,那個功夫比我們一生修行還要高。這是根據四十八願裡的第十八願,是彌陀本願的加持,所以才能夠成就,不可思議。(摘錄自21-205-01

臨終助念答問
淨空法師主講