Minggu, 27 Juli 2014

Melenyapkan rintangan keraguan 01



Melenyapkan rintangan keraguan
(Bagian 1)

Andaikata penyakit pasien sudah sampai tahap kritis, maka kita harus mengingatkan pihak keluarga pasien : “Apakah ada sesuatu yang masih dikhawatirkan pasien?” Andaikata masih ada yang menjadi beban bagi pasien, maka selagi pasien masih bisa berbicara, selekasnya menyelesaikan masalahnya, daripada merintanginya terlahir ke Alam Sukhavati. Andaikata pasien sudah tidak hal yang mengganjal di hatinya lagi, tidak ada yang dikhawatirkannya lagi, maka cukup bertanya satu kali saja, selanjutnya jangan diungkit-ungkit lagi, atau bertanya sekali lagi, untuk mencegah agar konsentrasi pasien tidak pecah, kehilangan pikiran benar. Mohon diperhatikan! Mohon diperhatikan!

Jika pasien merasa curiga lalu bertanya : “Diri sendiri membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, tetapi jangka waktunya belum panjang, juga takut dosanya berat, apakah mungkin bisa terlahir ke Alam Sukhavati?” Maka anggota Zhu Nian harus menjelaskan padanya : “Membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, tidak ada kata terlambat. Yang paling penting adalah sejak anda membangkitkan ketulusan hingga ajal menjelang jangan ada kemunduran sebagai standarnya.

Yakni ketika saat anda menghadapi ajal, mendapat bimbingan ceramah dari kalyanamitra (sahabat Dharma), barulah tahu membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, ini juga bagus.

Di dalam sutra Buddha dikatakan : “Dalam keseharian orang yang melakukan karma buruk terlampau banyak dan berat, saat menjelang ajal, setelah mendengar ceramah dari kalyanamitra, barulah tahu membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, ini juga bisa terlahir ke Alam Sukhavati”.
Juga di dalam sutra Buddha ada dikatakan : “Melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi karma buruk berat tumimbal lahir yang diperbuat selama delapan miliar kalpa besar”.

Maka itu membangkitkan ketulusan melafal Amituofo, tidak ada kata terlambat, atau dosa yang terlalu berat, semuanya janganlah diragukan, asalkan anda menfokuskan pikiran melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, sampai ajal tiba, pasti melihat Buddha Amitabha datang menjemput, terlahir ke Alam Sukhavati janganlah diragukan”.

Andaikata pasien masih memiliki kerinduan pada sanak keluarga dan harta bendanya, maka anggota Zhu Nian harus berkata padanya : “Kita hidup di dunia ini dipenuhi penderitaan, saat tua menderita, saat sakit juga menderita, menjelang ajal juga menderita, penderitaan itu tidak habis diungkapkan, sedangkan kehidupan di Alam Sukhavati sungguh berbahagia, selamanya takkan tua, takkan sakit, juga takkan mati, kebahagiaan itu tidak habis diungkapkan. Anda bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, kelak juga dapat menyelamatkan sanak keluarga anda terlahir ke Alam Sukhavati, untuk menikmati kebahagiaan bersama-sama. Niat pikiran anda yang merindukan sanak keluarga dan harta benda, akan merintangi anda terlahir ke Alam Sukhavati, harus segera melepaskan semua kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, diri sendiri terlebih dulu terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga memiliki kemampuan gaib sempurna, kemudian kembali lagi menyelamatkan sanak keluarga anda dan para makhluk lainnya, semuanya terlahir ke Alam Sukhavati, bersama-sama menjadi keluarga Buddha Amitabha, menikmati kebahagiaan buat selama-lamanya. Mulai sekarang, betapapun menderitanya bila teringat akan sanak keluarga dan harta benda, maka katakanlah pada diri sendiri : “Dunia ini begitu menderita sedangkan Alam Sukhavati penuh kebahagiaan, buat apa diriku masih begitu sesat, merindukan sanak keluarga dan harta benda, merintangi diri sendiri terlahir ke Alam Sukhavati, juga menelantarkan sanak keluarga selama kelahiran demi kelahiran, tiada yang menyelamatkan mereka”. Setelah berpikir sedemikian, selanjutnya sudah dapat menfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad lahir ke Alam Sukhavati”.

  

Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao





   

破除疑障

()


病人的病若是重者,要警策病人:「還有什麼事情掛礙沒有?」設使有事情礙在心裏,須要趁病人還會講話以前,早點把它破除,免得障礙往生西方。如病人都沒有什麼事情掛礙著,那麼問過一次,以後不可再問,免得病人分心,忘失正念。注意!注意!

病人若是疑心說:「自己發心念佛,時間並不長遠,又怕罪業很重,西方不曉得會生不會生?」那麼助念人就要對他說道:「發心念佛,早遲是不妨的。最要緊的從你發心起到臨終不退為準。就是你到了臨終的時候,受善友開導以後,才能曉得發心念佛,也是好的。佛經上說:『在平時罪業造過很多又重的人,到了臨終,受善友開導過以後,才曉得發心念佛,也可以生西方。』又佛經上說:『念一句阿彌陀佛,能夠消除八十億大劫生死的重罪。』所以發心念佛,並不長遠,或罪業很重,統統不要疑心,只要你一心念佛,決志願求往生西方,到了命終,必定親見阿彌陀佛前來接引,往生西方無疑。」

如病人有愛戀眷屬和財產的念頭,那麼助念的人,就要對他說道:「我們這個世界上的人,是苦楚得很,老了也苦,病起也苦,臨死也苦,那種苦楚,真是講不盡的,西方極樂世界上的人是快樂得很,永久不會老、不會病、不會死,那些快樂,真是講不盡的。你要求生西方,又要度你這些眷屬也生西方去,同受快樂。你的這些愛戀眷屬和財產的念頭,是會阻礙你往生西方的,要趕快統統放下,一心念佛,讓自己先生到西方。若是生到西方,那就有種種的神通道力了,乘願再來度你這些眷屬人等,個個同生西方去,同做彌陀的法屬,永久同受快樂了。從今以後,再若有心想到眷屬或財產者,那麼你就應該重責自己說:『這個世界有這樣的苦楚,那西方有這樣的快樂,我為什麼緣故,還要這樣的顛倒,愛戀眷屬財產,障礙自己不能往生西方,又錯誤了生生世世的眷屬,沒有人得度。』若是這樣的一想,以後就能一心的念佛,求生西方了。」