Rabu, 23 Juli 2014

Hal yang perlu diperhatikan sanak keluarga 01




Hal yang perlu diperhatikan sanak keluarga
(Bagian 1)


1. Ayahbunda merupakan insan yang berbudi besar pada kehidupan setiap manusia, sudah seharusnya kita berbakti; abang, adik, kakak, adik perempuan, suami, istri, seharusnya saling menyayangi; putra, putri, cucu dan menantu, seharusnya saling mengasihi. Jadi apakah yang dimaksud dengan berbakti, menyayangi dan mengasihi? Lalu bagaimana pula yang disebut dengan tidak berbakti, tidak menyayangi dan tidak mengasihi? Terhadap persoalan ini, haruslah bisa mengenalinya secara seksama. Jika ceroboh, maka akan menjadi hal yang malah mencelakai dan keji. Kita harus menghindari terjadinya hal yang membahayakan ini, maka itu pembahasan selanjutnya harus diperhatikan dengan seksama.

2.  Orang awam kala menjelang ajal, adalah merupakan detik terakhir dalam sepanjang hidupnya. Sebagai sanak keluarganya, seharusnya mengerahkan segenap kemampuan dalam kurun waktu yang sedemikian singkat ini, terhadap pasien dapat mencurahkan sikap bakti, kasih dan sayang. Setiap saat harus merawat dengan seksama, tak peduli hal apapun juga harus menuruti kehendak si pasien, jangan sampai si pasien menjadi risau.

3.   Saat orang awam menjelang ajal, pasti harus mengundang beberapa anggota dari perkumpulan Zhu Nian (kelompok yang terdiri dari para sahabat Dharma yang membantu orang lain melafal Amituofo), untuk datang membantu melafal Amituofo. Setelah para anggota Zhu Nian tiba di rumah, maka sanak keluarga harus mendengar arahan dari mereka, jangan sampai bertentangan dengan arahan mereka. Haruslah diketahui bahwa para anggota Zhu Nian ini bertujuan untuk menyelamatkan kesadaran (vijnana) pasien, agar terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu sebagai sanak keluarga, semuanya harus membangkitkan niat tahu berterimakasih, mengerahkan segenap kemampuan untuk meladeni mereka. Andaikata kelompok Zhu Nian berhalangan hadir maka sanak keluarga yang harus membantu melafal Amituofo, ini juga sama. Tetapi dalam membantu melafal Amituofo harus sesuai dengan tata cara yang benar, tidak boleh sembarangan mengubahnya, sehingga pasien dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Bahkan seluruh anggota keluarga harus bervegetarian, menghentikan perbuatan pembunuhan, untuk menimbun berkah bagi almarhum. Saat dimana bantuan kelompok Zhu Nian dibutuhkan, biasanya kondisi pasien sudah kritis, pada saat ini, seharusnya menfokuskan diri melafal Amituofo buat pasien, membantunya agar terlahir ke Alam Sukhavati. Tidak boleh di satu sisi membutuhkan orang lain membantu melafal Amituofo, di sisi lainnya malah meminta agar pasien disuntik dengan penguat jantung, atau pasien diberikan minuman ginseng atau isotonik lainnya, dengan demikian menambah penderitaan pasien, menghalanginya terlahir ke Alam Sukhavati, ini sungguh diprihatinkan. Semoga sebagai sanak keluarganya, haruslah memahami hal ini, janganlah mencelakai anggota keluarga sendiri.



Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao





   

眷屬應該注意的各種事項

()


一、父母是我們每個人生身養育的大恩人,應當是要孝順的;兄、弟、姐、妹、夫、婦,應當是要親愛的;子、女、孫、媳,應當是要慈愛的。那麼怎樣是孝順、是親愛、是慈愛?怎樣是不孝順、不親愛、不慈愛?對於這件事情,必須要徹底的認清。若是籠統,那就必定會使這孝順、親愛、慈愛的心,變做大忤逆、大殘酷的事情來。我們大家每個人欲免除這個危險,那麼對於下面所講的,必須要詳細學習。

二、凡人到了臨終的時候,是做人一世的最後了。我們做眷屬的人,應當要盡這短短的時間,對著病人,真實表現孝順、親愛、慈愛的心。時時刻刻要好好的看護,不論什麼的事情,一一都要隨順病人的意思,不能使病人心生一些煩惱。

三、凡人命欲臨終時候,必定要向助念團請幾位團員來幫助念佛。助念的團員若是到自己家裏來,我們全家的眷屬人等,一切都要聽他指導,絲毫不能違反。要曉得那助念團的團員是為了救度我親屬的神識,往生西方去的。所以我們全家眷屬人等,個個都要作感恩想,要盡心招待他們。假使助念的團員因事他往,或一時難以請到的話,那麼就自家眷屬人等,如法幫助念佛,也是一樣。不過必須要依照這個助念的方法去實行,不能把這個方法改變一些,那就決定可以往生西方的。並且要全家吃素,絕對禁止殺生,為病人修福。到了要人助念的時候,病人的疾病一定是很重的了,在這時候,就應該一心為病人念佛,助他往生西方。切不可一面又要人助念,一面又替病人打強心針、吃高麗參補藥等等,這樣就更增加病人的痛苦,阻礙他往生西方,這是最可痛心的。希望做眷屬的人,要明白這一點,不要害自己的親人。