Selasa, 05 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 104



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  104

Tanya :
Ada buku yang berjudul “Menyelamatkan diri sendiri di Antarabhava”, di dalamnya ada tercantum bahwa setelah pasien menghembuskan nafas terakhir, hanya beberapa jam saja sudah bisa terlahir ke Alam Sukhavati, apa benar teori begini?

Jawab :
Berhasil atau tidaknya ada pada niat pikirannya sendiri, jika saat menjelang ajal pikirannya goyah, melupakan tekadnya terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga perlu orang lain mengingatkannya, maka ini masih memungkinkan pasien terlahir ke Alam Sukhavati.

Di dalam sutra Buddha tercantum bahwa setelah pasien menghembuskan nafas terakhir, selama delapan jam alayavijnana nya belum meninggalkan tubuh kasarnya, pada saat ini sahabat Dharma datang membantu melafal Amituofo, almarhum dapat mendengar dan melihat. Di dalam kurun waktu delapan jam ini, andaikata almarhum tercerahkan, membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka dia akan berhasil! Maka itu waktu melakukan Zhu Nian (membantu melafal Amituofo), harus mengingatkannya.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:有助念團說《中陰自救》書上說,人斷氣數小時後,還可以往生極樂世界,這種說法是否正確?
答:能不能往生還是在他自己的意念,如果臨終的時候迷惑,把求願往生這件事情忘記了,提醒他就有可能。佛經上講,人雖然斷氣,八個小時內神識沒有離開,這時候別人來助念,他能聽見。在這八個小時內,他要是覺悟,發心求生西方極樂世界,行!所以助念的時候要提醒他。(摘錄自19-12-245

臨終助念答問
淨空法師主講