Rabu, 13 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 161



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  161

Tanya :
Waktu manusia akan meninggal dunia, mengapa kekuatan karma akan muncul? Juga mengapa musuh kerabat penagih hutang akan datang cari masalah dan mengapa pula harus memilih saat begini?

Jawab :
Saat sekarang musuh kerabat penagih hutang masa kehidupan lampaumu, tidak membuat perhitungan denganmu, namun menunggu hingga ada kesempatan, anda masih belum sukses jadi cari masalah denganmu juga tiada gunanya; tunggulah hingga anda sudah kaya raya, barulah datang menagih hutang padamu; anda hendak bermigrasi ke luar negeri, setelah anda pindah maka musuh kerabat penagih hutang tidak dapat mencarimu lagi, maka itu harus segera membuat perhitungan denganmu.

Hendak terlahir ke Alam Sukhavati, bukankah serupa dengan akan bermigrasi ke Alam Sukhavati? Selanjutnya musuh kerabat penagih hutang takkan bisa mencarimu lagi, maka itu sebelum anda berangkat, semuanya datang membuat perhitungan, inilah alasannya. Setelah memahami kebenaran ini, dalam keseharian dengan semua orang jangan buat masalah dan menjalin permusuhan, termasuk dengan hewan, jangan mengira bahwa nyamuk, semut, serangga kecil, membunuhnya tidak  apa-apa, dia juga adalah sebuah nyawa, saat anda menjelang ajal, dia juga akan datang mencarimu, pasti takkan melepaskan dirimu.

Juga banyak orang yang saat menjelang ajal, pergi dengan selamat, musuh kerabat penagih hutang sepertinya tidak terlalu cari masalah, ketua yayasan Jushilin Singapura, Upasaka Chen Guang-bie adalah contohnya. Saat beliau menjelang ajal, musuh kerabat penagih hutang nya juga amat banyak, mengapa mereka tidak merintanginya? Karena setiap hari dia membaca sutra bernamaskara pada Buddha, lalu melimpahkan jasa kebajikan kepada musuh kerabat penagih hutang, maka itu permusuhan jadi terurai. Asalkan benar-benar bertekad maka musuh kerabat juga akan terhibur, “Bolehlah! Setelah anda terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, lalu kembali menyelamatkan kami semua”, maka itu mereka tidak cari masalah; sebaliknya jika anda tidak memiliki niat pikiran serupa ini, maka musuh kerabat penagih hutang takkan memaafkan dirimu.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:人要往生前,為何業力會現前?又為什麼冤親債主會找上來,而且選在往生這一剎那?
答:世出世法情理都相同,你有很多冤親債主,他現在不來惹你,是在等待機會,你還沒發達,找你沒有用;等你有錢的時候,就來找你要債;你要出國移民,走了以後再也找不到你,他馬上就來了。想往生極樂世界,不就是移民到極樂世界去嗎?他以後就找不到你了,所以,在你還沒有動身之前,全部都找上來,就是這個道理。
明白這些道理,平常跟一切人、一切物少結怨,包括動物,不要以為蚊蟲、螞蟻是小動物,殺害牠算不了什麼,牠也是一條命,在你往生的時候,牠也會來找你,絕對不肯饒你。
也有很多人往生的時候,平平安安的走,冤親債主好像沒有過分找麻煩,居士林老林長陳光別居士就是個例子。老居士往生的時候,冤親債主也很多,為什麼沒有障礙他?因為他天天念經拜佛,把功德迴向給冤親債主,所以緩和了。真心發願,這些人就會得到安慰,「行!你到西方極樂世界作佛,就回來度我們」,所以才不找麻煩;如果你沒有這種念頭,冤親債主是饒不過你的。(摘錄自21-090-47

臨終助念答問
淨空法師主講