Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 95



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  95

Tanya :
Orang yang tertabrak mobil bukankah akan jadi hantu, jatuh ke alam setan, tetapi kenapa malah masih ada di jalanan dan mencari penggantinya? Atau yang mati gantung diri di kamar, ada juga yang berada di dalam rumah menjadi setan pengganggu, kenapa bukannya berada di alam setan saja? Hal ini seperti yang diungkapkan dalam Ajaran Buddha bahwa alam manusia dan alam setan beda ruang, apakah karena waktu yang sama, sehingga terjadi kekacauan?

Jawab :
Kejadian ini memang ada, baik di Tiongkok maupun di luar negeri, kami juga sudah menjumpainya tidak sedikit. Di sini ada sedikit hal yang khusus harus diperhatikan, manusia setelah mati belum tentu jatuh ke alam setan. Setelah meninggal dunia dan belum terlahir kembali, periode ini disebut sebagai Antarabhava, masyarakat Tionghoa menyebutnya sebagai arwah, belum lagi pergi bertumimbal lahir; jika jatuh ke alam setan berarti dia sudah bertumimbal lahir di salah satu alam. Asalkan yang mati secara tidak wajar, yang bunuh diri, akan sangat merepotkan, mengapa demikian?

Di dalam sutra Buddha telah dijelaskan secara rinci, jika dia hendak mencari pengganti, mencari pengganti berarti dia masih berada dalam periode Antarabhava, kita menyebutnya sebagai arwah. Setelah berhasil mencari pengganti, maka mengikuti kekuatan karmanya terlahir kembali, jika dia sudah terlebih dulu jatuh ke alam setan, maka dia tidak bisa berhubungan lagi dengan manusia.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:人被撞死不就變成鬼,墮到鬼道去,怎麼還在馬路上等找替身?或吊死在房間裡,有些還在屋內鬧鬼,怎麼不隨業到鬼道去?這跟佛學上所提到的人鬼空間,是因為重疊而混淆亂了嗎?是否如同世俗去找法師做路祭來引魂就好,有沒有其他更好的辦法?
答:這種事情真有,中國、外國都有,我們也遇過不少。這裡有一點要特別注意,人死之後不見得就到鬼道。人死之後還沒到哪一道去,這段期間稱為中陰身,中國俗話稱為靈魂,還沒有去投胎;到鬼道,那已經是入了一道。凡是橫死的、自殺的,都很麻煩,為什麼?
佛經上講得很清楚,他要找替身,在找替身的時候都屬於中陰身,我們講鬼魂、魂魄,他不是在鬼道。找到替身後,按他的行業再投到哪一道去,如果到了鬼道,就不會跟人往來了。(摘錄自21-277-01

臨終助念答問
淨空法師主講