Rabu, 13 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 153



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  153

Tanya :
Di dalam “Ksitigarbha Sutra” tercantum bahwa pria berbudi dan wanita berbudi, saat menjelang ajal akan ada makhluk halus yang tak terhitung datang merintangi, apalagi makhluk yang membawa serta karma! Setiap niat pikiran yang muncul tidak ada yang merupakan dosa, tiada yang bukan merupakan karma buruk, jangan meremehkan karma buruk yang kecil, dapat merintangi Jalan Kesucian”. Dan berkata lagi, “Jika ada orang yang setiap hari melafal ribuan kali nama Bodhisattva Ksitigarbha, melafal hingga seribu hari, dapat memperoleh perlindungan dari makhluk halus, saat menjelang ajal takkan ada kendala”.

Namun bagi praktisi pelafal Amituofo, supaya saat menjelang ajal tidak dihalangi makhluk halus, setiap hari melafal nama Bodhisattva Ksitigarbha sebanyak seribu kali, hingga seribu hari, apakah ini diperbolehkan? Apakah ini tidak disebut tidak terfokus?

Jawab :
Cara ini boleh saja, juga masih terfokus, karena periodenya hanya tiga tahun, “setiap hari melafal seribu lafalan, hingga seribu hari”. Saat masih menjadi praktisi pemula, dengan menggunakan cara ini sebagai bantuan, dan melafal Amituofo sebagai latihan utama, yakni sepanjang hidup setiap hari pelatihan diri tetap berjalan.

Jika tidak melafal nama Bodhisattva Ksitigarbha, menfokuskan diri melafal Amituofo juga boleh, makluk halus menghormati Buddha Amitabha, menjelang ajal takkan datang merintangi, contohnya ketua yayasan Jushilin Lay Buddhists Society Singapura, Upasaka Chen Guang-bie, saat menjelang ajal, musuh kerabat penagih hutang masa kelahiran lampaunya sangat banyak, melihat Upasaka Chen Guang-bie melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, para makhluk halus turut memuji, sedikit kendala juga tidak ada.

Musuh kerabat penagih hutang ini datang ke vihara Jushilin memohon Visudhi Trisarana pada anggota Sangha, lalu memohon untuk mendengar ceramah. Upasaka Chen Guang-bie hanya menfokuskan pada pelafalan Amituofo, tidak ada melafal nama Bodhisattva Ksitigarbha, ini juga merupakan teladan yang bagus.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:《地藏經》說,「善男子、善女人臨終都會有無量鬼神來障礙,何況帶業眾生!起心動念無不是罪、無不是業,不要輕視小小罪業,能障聖道」。又說,「若有人每日念千聲地藏名號,念滿一千天,能得鬼神擁護,臨終就不會有障礙」。修念佛法門,為了臨終不被鬼神障礙,每天念地藏名號,每日念千聲,念滿一千日,請問可以嗎?是否雜修?

答:這個方法可以,也相當的專。這是助修,不算雜修,因為期限是三年,「每日念一千聲,念滿一千天」。初學的時候,用這個方法做助修,以念佛為正修,正修是盡形壽,就是一生功夫一天都不缺。不念地藏菩薩名號,專念阿彌陀佛也可以,鬼神都尊敬阿彌陀佛,臨終時不會來障礙。新加坡佛教居士林老林長陳光別居士往生時,老居士的冤親債主很多,看到老居士念佛往生,心裡非常讚歎,一絲毫障礙都沒有。這些冤親債主跟著法師們到居士林來求皈依、求聽經。陳老居士沒有念地藏菩薩名號,專念阿彌陀佛,這也是好榜樣。(摘錄自21-090-51

臨終助念答問
淨空法師主講