Kamis, 07 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 129



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  129

Tanya :
Buddha Amitabha menjemput almarhum, terlebih dulu memancarkan cahaya, almarhum yang mendapat pancaran cahaya Buddha, kemahiran melatih dirinya akan meningkat jadi pikiran terfokus tak tergoyahkan. Dan rupa Buddha Amitabha yang bagus, berwibawa tiada bandingnya, bertemu Buddha Amitabha tak perlu merisaukan lagi tercapainya pencerahan. Tetapi mengapa ada orang yang melihat Buddha Amitabha timbul rasa takut dan tidak berani mendekat? Mengapa pula bertemu Buddha Amitabha takkan memperoleh manfaat?

Jawab :
Ini ada dua jenis keadaan, yang pertama adalah masih melekat pada dunia ini, takut mati, mendengar tentang terlahir ke Alam Sukhavati sepertinya sudah mau mati, menjelang ajal jadi takut, keadaan ini sangat umum, maka itu praktisi pelafal Amituofo tidak boleh takut mati.

Ketika baru memasuki Sangha, saya bertemu dengan sebuah kasus, di Taipei, Vihara Yuan Shan Lin Ji, ada sebuah yayasan yang mengadakan kebaktian pelafalan Amituofo, wakil ketua yayasan yakni Upasaka Lin menjadi pemimpin kebaktian, sering memimpin umat melakukan kebaktian pelafalan Amituofo. Saat menjelang ajal dia jadi takut mati, melarang sahabat Dharma yang ingin membantunya melafal Amituofo, bahkan mengusir mereka, ini adalah munculnya rintangan karma, kesempatan untuk mendapat penjemputan dari Buddha jadi terlewatkan sia-sia.

Yang satu lagi adalah melatih pintu Dharma lainnya, Buddha Amitabha yang dia lihat adalah samaran Mara, Buddha memiliki hati maitri karuna sedangkan Mara tidak memiliki maitri karuna, maka itu melihat Mara timbul rasa takut.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:阿彌陀佛接引往生者,先放光,往生者蒙佛光注照,功夫由成片提升到一心不亂。而阿彌陀佛相好莊嚴無等倫,見阿彌陀佛何愁不開悟。但何以有人見到阿彌陀佛害怕不敢去?何以見到阿彌陀佛沒有得到利益?
答:這有兩種狀況,一種是貪戀世間,貪生怕死,聽到往生極樂世界就要死了,臨終時產生恐懼,這種情形非常普遍,所以念佛人一定要不怕死。我初出家時,就遇過一個實例,台北圓山臨濟寺有個念佛會,副會長林居士當維那,經常領導大眾念佛共修。他在臨終時產生恐懼,反對別人幫他助念,把助念的同修趕走,這是業障現前,佛來接引的機會錯過了。
另一種是修學其他法門,看到的阿彌陀佛不是真的,是魔示現的,佛非常慈祥,而魔沒有慈悲心,所以看到魔會有恐懼。(摘錄自21-090-14

臨終助念答問
淨空法師主講