Rabu, 13 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 160



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  160

Tanya :
Bagaimana caranya untuk membentuk kelompok Zhu Nian yang benar dan dapat membawa manfaat bagi orang yang meninggal dunia?

Jawab :
Di dalam kelompok Zhu Nian jika hanya ada satu orang saja yang melatih diri dan memperoleh hasil, maka almarhum akan mendapatkan manfaat. Master Tan Xu menceritakan tentang perumpamaan Upasaka Liu. Pada saat itu Master Tan Xu masih belum meninggalkan duniawi, beberapa sahabatnya patungan membuka sebuah toko obat tradisonal Tiongkok, diantara mereka ada seorang yang bernama Upasaka Liu, sudah selama delapan tahun setiap hari membaca Sutra Surangama, menfokuskan diri pada satu sutra saja.

Pada suatu siang, dagangan lagi sepi, Upasaka Liu duduk di bangku dan tertidur, dalam mimpinya dia melihat ada dua orang musuh kerabat penagih hutang datang menghampirinya. Dua orang ini adalah gara-gara berebutan harta benda hingga ke pengadilan, dan dimenangkan oleh Upasaka Liu, sementara dua orang itu karena kalah maka bunuh diri. Demi sejumlah uang harus mencelakai dua nyawa manusia, Upasaka Liu juga sangat menyesalinya.

Melihat kedatangan mereka, Upasaka Liu mengira mereka akan membuat perhitungan, dalam hatinya merasa panik, tetapi tampaknya sikap mereka baik, sampai di hadapan Upasaka Liu, musuh kerabat penagih hutang berlutut dan memohon pelimpahan jasa, jadi bukan datang cari masalah. Upasaka Liu bertanya bagaimana cara untuk melimpahkan jasa kepada mereka? Mereka bilang asalkan anda setuju sudah boleh, setelah Upasaka Liu menyetujuinya, hanya terlihat dua arwah itu menginjak lutut Upasaka Liu lalu menginjak lagi bahunya, lalu terbang ke atas langit.

Tidak lama kemudian muncul lagi istri dan putranya yang telah meninggal dunia, serupa dengan yang sebelumnya, juga datang untuk memohon pelimpahan jasa, setelah Upasaka Liu menyetujuinya, juga melihat mereka menginjak pundaknya dan terbang ke atas langit.

Maka itu di dalam kelompok Zhu Nian, asalkan ada satu orang saja yang benar-benar melatih diri dan memiliki ketrampilan melafal Amituofo yang mahir, maka dengan demikian akan efektif; andaikata kelompok Zhu Nian pesertanya adalah mereka yang hanya punya mulut namun tidak punya hati, mulut melafal Amituofo namun hatinya melayang terbang ke mana-mana, mungkin ini hanya bisa meringankan sedikit beban derita almarhum, namun tidak banyak membantu.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung


問:怎樣才能成立一個如理如法,真正令亡者得到真實利益的助念團?
答:助念團裡只要有一個人修行得道,亡者就得利益。倓虛法師在《影塵回憶錄》裡,說了劉居士的例子。那時倓老尚未出家,幾個朋友合伙開了一間中藥鋪,裡面有位劉居士,八載寒窗讀《楞嚴》,天天讀《楞嚴經》,念了八年,真的是一門深入。一天中午,生意清淡,他在櫃檯打瞌睡,夢見兩個冤親債主進來。
這兩個人是為了財產跟他打官司,劉居士勝訴,他們因此上吊自殺。為了一點錢,害了兩條人命,劉居士也很後悔。看他們進來,以為是來找麻煩的,心裡感到恐慌,但他們態度善良,走到劉居士面前跪下來,說是來求超度,不是來找麻煩的。劉居士問要怎麼超度?他們說只要答應就行了,答應後,只見他們踩著劉居士的膝蓋,踩著肩膀,升天去了。兩人走後一會兒,又夢到故世的太太帶著死去的兒子來,跟前面一樣,也是來求超度的,答應後,也看他們踩著肩膀升天去。所以助念團裡,只要有一個真正修行、有功夫、有感應的人參加,就決定有效;如果都是一些有口無心的人,口念彌陀心散亂,亡者可能會減少一點痛苦,但幫助不大。(摘錄自21-267-01



臨終助念答問
淨空法師主講