Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 74




Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  74

Tanya :
Bagaimana yang disebut dengan Zhu Nian yang efektif?

Jawab :
Zhu Nian (membantu melafal Amituofo), andaikata dilakukan dengan mulut tanpa hati, ini takkan efektif ! Praktisi dalam membantu orang lain melafal Amituofo, ketrampilan melafal Amituofo menjadi mahir, mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan, maka almarhum berhasil diselamatkan olehnya, aturan ini harus dipahami dengan seksama.

Harus mengingatkan pasien untuk melafal Amituofo, mendengar lafalan Amituofo, jika dia dapat tercerahkan, dapat bertobat, barulah dapat mengeliminasi lima jenis karma buruk yang berat yang dapat berakibat jatuh ke Neraka Avici; jika pasien mendengar lafalan Amituofo, namun tidak ada niat untuk bertobat, maka manfaat yang diperoleh hanyalah “sekali melewati telinga, selamanya menjadi benih vajra”.

Jika pasien memahami Buddha Dharma, saat menjelang ajal ada yang mengingatkannya, benar-benar membangkitkan hati penyesalan dan pertobatan, memutuskan kejahatan memupuk kebajikan (sebersit niat pikiran pertobatan adalah kebajikan), dapat mengeliminasi lima jenis karma buruk yang berat yang dapat berakibat jatuh ke Neraka Avici; jika kekuatan pertobatan besar, dapat terlahir kembali di Alam Dewa dan Manusia menikmati berkah.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:怎樣助念才有效?
答:助念要是有口無心,沒效!助念的人在助念中能得功夫成片,能得一心不亂,亡者就被超度了,這道理要細心去體會。(摘錄自14-12-35
要提醒臨終人念佛,聽到佛號,如果他能覺悟、能懺悔,才能「除五無間罪」;若病人聽到佛號,沒有懺悔之意,其利益只是「一歷耳根,永為道種」而已。若病人懂得佛法,臨終時有人提醒,真正生懺悔心,斷惡修善(一念懺悔就是善),可「除五無間罪」;若懺悔力量強,可生到人天享福。(摘錄自14-12-34

臨終助念答問
淨空法師主講