Sabtu, 02 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 39



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 39

Tanya :
 Setelah pasien meninggal dunia, bagaimana cara melakukan Zhu Nian? Sebelum pasien menghembuskan nafas terakhir, apakah boleh membaca “Maha Karuna Dharani” atau “Ksitigarbha Sutra”?

Jawab :
Bagi praktisi Aliran Sukhavati di saat menjelang ajal, sutra apapun tidak perlu dibaca lagi, hanya sepatah Amituofo saja. Terutama saat penyakit pasien jadi kritis, jangan mencampurnya lagi dengan sutra atau mantra lainnya, bahkan “Sukhavati Vyuha Dharani” juga jangan ikut dicampurkan, hanya sepatah Amituofo saja, akan sangat efektif.

Saat menjelang ajal teringat pada sepatah Amituofo, mengulang sepatah Amituofo, benar-benar bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah jasa kebajikan yang tak terbayangkan! Jika sudah meninggal dunia, maka cara mengurus jasadnya adalah sesuai dengan yang tercantum dalam buku “Yang harus diketahui saat menjelang ajal”, melafal Amituofo selama 8 hingga 12 jam, setelah itu jika ada waktu luang barulah membaca sutra melimpahkan jasa kebajikan kepada almarhum, pada saat detik-detik menjelang ajal, jangan sampai tercampur dengan sutra atau mantra lain.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:病故後如何助念?臨終前念《大悲咒》或念《地藏經》可以嗎?
答:如果是修淨土的同修,什麼經都不要念,就念阿彌陀佛。特別在病危的時候,不能夾雜任何經咒,連《往生咒》都不要夾雜,就是一句佛號,就非常得力。臨終時想到一句佛號,念這一句佛號,真正有願求生淨土,都決定得生,這是不可思議的功德!如果已經往生,就照《飭終須知》的方法,念佛八小時至十二小時,等往生之後,有時間再念經迴向給他,臨終這一段時間決定不可以夾雜。(摘錄自21-090-79

臨終助念答問
淨空法師主講