Rabu, 23 Juli 2014

Praktisi yang berhasil atau belum 05



Membahas tentang praktisi yang berhasil atau belum terlahir ke Alam Sukhavati
(Bagian 5)

Tanya :

Orang yang sama sekali tidak tahu akan keyakinan, tekad dan melafal Amituofo, sampai saat menjelang ajal, bertemu dengan sahabat Dharma yang datang memberi ceramah, setelah mendengarnya, pasien ini jadi bersukacita dan membangkitkan keyakinan, tekad, melafal Amituofo berniat terlahir ke Alam Sukhavati, sanak keluarga dan kerabat juga tidak membuat tangisan memilukan serta bermacam rintangan, ditambah lagi membantunya melafal Amituofo, saat ajalnya tiba, pasien ini juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, mengapa ada hal yang begitu mudahnya?

Jawab:
Sebelumnya kita telah membahas tentang praktisi yang saat menjelang ajalnya terlahir ke Alam Sukhavati, mudah atau tidak, sudah kita jelaskan secara terperinci, mengapa anda memiliki keraguan? Harus diketahui bahwa orang semacam ini dalam kesehariannya belumlah membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, berniat terlahir ke Alam Sukhavati, ini karena tidak memiliki pengetahuan akan Ajaran Sukhavati.

Sampai saat menjelang ajal, karena mendengar ceramah dari sahabat Dharma, timbul sukacita di hatinya, ini menunjukkan bahwa pada masa kelahiran lampaunya dia memiliki akar kebajikan. Jika dibandingkan dengan orang awam biasa, maka ini sangat berbeda. Juga karena membangkitkan keyakinan dan melafal Amituofo, membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, benih sebab ini sangat unggul; ceramah dari sahabat Dharma dan sanak keluarga, yang membantu melafal Amituofo, maka faktor pendukung atau jalinan jodoh ini amat kuat. Juga adanya kekuatan tekad Buddha Amitabha datang menjemput, ini adalah benih sebab dan faktor pendukung yang berpadu. Praktisi ini setelah ajalnya tiba maka pasti terlahir ke Alam Sukhavati, apalagi yang perlu diragukan?


Tanya :

Kita semua memiliki ayahbunda dan sanak keluarga, saat mereka menjelang ajal, kita juga ingin membantu melafal Amituofo, mengantar mereka ke Alam Sukhavati. Tetapi andaikata tidak berjodoh bertemu kalyanamitra (sahabat Dharma), sanak keluarga juga tidak ada yang memahami Buddha Dharma; atau yang baru belajar Buddha Dharma, meskipun ingin memberi ceramah tapi tidak tahu caranya, cara untuk membantu melafal Amituofo juga tidak tahu. Apakah ada buku yang menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan Zhu Nian (membantu orang lain melafal Amituofo), tapi yang tidak terlalu mendalam dan mudah dipahami, agar kami semua bisa mempelajarinya, bukankah ini sangat bagus!

Jawab:
Andaikata kita benar-benar mempunyai niat, ingin mengamalkan jalan besar maitri karuna, berbakti dan menyayangi sanak keluarga, demi ayahbunda dan sanak keluarga serta kerabat kita, agar mereka selamanya terbebas dari penderitaan roda samsara, terlahir ke Alam Sukhavati menikmati kebahagiaan berkesinambungan, bahkan menyempurnakan Jalan KeBuddhaan, menyelamatkan para makhluk, asalkan mengikuti isi yang tercantum di dalam buku ini, maka praktisi yang menjelang ajalnya pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati.


Petikan dari buku berjudul :
Yang Perlu Diketahui Saat Menjelang Ajal 
Diceramahkan oleh Venerable Shi Shi-liao



   

論念佛人臨終往生與不往生的道理      

()

問:平素完全未知信願念佛的人,到了臨終,遇著善友開導,此人聽到以後心生歡喜,信受、發願、念佛求生西方,眷屬人等,皆無悲哀哭泣種種的妨礙,加以幫助念佛,此人命終,也就能夠往生西方,怎麼有這樣容易的事情呢?

答:噫!上邊六節文中,辯論行人臨終往生西方,容易和不容易的事情,說得很明白了,你怎樣還有懷疑呢?要曉得,這種人平素未曾信願念佛,求生西方,此是因為不知道的緣故。到了臨終的時候,由善友開導,此人聽到,心便生歡喜,這就是表現他宿世有善根了。與那平常普通一般人比較,就大不相同了。又這信受念佛,發求生西方的願心,這是因勝;善友開導和眷屬人等,幫助念佛,這是緣強。又有阿彌陀佛慈悲願力接引,這是因緣和合。行人命終,必定往生西方,還有什麼可疑呢?

問:我們每個人或要為自己的父母眷屬等人,臨終的時候,幫助念佛,送他往生西方。設使善友請不到,我們在家人,對於佛法的道理,未能瞭解;雖要開導他而開導的法子不曉得,助念的方法也不曉得。請問有什麼講解助念方法的經書,文字淺顯些,容易看得懂,容易學習,讓我們請來學習學習,豈不很好!

答:你們若是真實有心,欲行慈悲、孝順、親愛的大道,為著自己的父母眷屬人等,永除生死等苦,往生西方清淨莊嚴的佛國中去,常受快樂,乃至圓成佛道,普度眾生者,只要依照本書內容各節的意義切實執行,那麼臨終的人,必定即能往生西方極樂世界。