Kamis, 31 Juli 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 21



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian 21

Tanya :
Saat menjelang ajal melihat anak cucu menghampiri memanggil dan membuat kekacauan, sehingga pasien tidak berniat terlahir ke Alam Sukhavati, apa yang harus dilakukan?

Jawab :
Praktisi pelafal Amituofo yang berkeluarga, saat menjelang ajal nafas sudah hampir berhenti, melihat anak cucu menghampiri memanggil dan ribut-ribut, jadi tidak rela perginya, kala Buddha Amitabha yang datang hendak menjemput, melihat keadaan ini jadi pergi, maka pasien juga gagal terlahir ke Alam Sukhavati.

Buku “Yang perlu diketahui saat menjelang ajal”, mengajarkan cara mengantar seorang insan untuk terlahir ke Alam Sukhavati,  sanak keluarga sebaiknya jangan bertatap muka dengan pasien, ditinjau dari jalinan persaudaraan, memang tidak tega, tetapi ditinjau dari segi Buddha Dharma, ini dikhawatirkan membuat hati pasien jadi kalut, menyakitinya. Kapan saat untuk bertatap muka? Tunggu setelah pasien menghembuskan nafas terakhir, delapan jam kemudian barulah bertatap muka, ini lebih aman.

Selain itu musuh-musuhnya semasa hidup, bertatap muka akan memunculkan kebencian, ini adalah rintangan, sehingga melewatkan dengan sia-sia penjemputan dari Buddha Amitabha. Maka itu saat kita mengantar kepergian seseorang ke Alam Sukhavati, haruslah menjaga agar pasien tetap tenang, damai dan pikirannya tetap jernih, disampingnya hanya boleh ada sahabat Dharma yang membantunya melafal Amituofo mengantarnya ke Alam Sukhavati, agar yang dia dengar hanyalah lafalan Amituofo, saat matanya terbuka hanya melihat rupang Buddha Amitabha.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung




問:臨命終時看到兒子、孫子來,一叫一鬧,就往生不了,該怎麼辦?
答:在家的念佛人,臨命終時快要走了,看到兒子、孫子來,一叫一鬧,捨不得,阿彌陀佛來接,看到這個樣子就走了,他就去不成了。《飭終須知》教人送往生的時候,家親眷屬最好不要與亡者見面,這在人情上是說不過去的,但在佛法裡講,是怕擾亂他、傷害他。什麼時候見面?等斷氣後八個小時再見面最安全。
另外一個是冤親債主,見到就討厭,瞋恨心就生起來,都是障緣,會把阿彌陀佛接引的時節因緣錯過。所以送往生的時候,要讓亡者很安詳、很冷靜,在身邊的都是佛友,都念佛送他,讓他聽到的都是佛號,睜開眼睛看到的是阿彌陀佛的像。(摘錄自20-15-27

臨終助念答問
淨空法師主講