Senin, 04 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 87



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  87

Tanya :
Saya pernah menasehati seorang penderita kanker stadium akhir agar melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, ada orang yang beranggapan bahwa melakukan Zhu Nian adalah berharap agar tubuhnya bisa sehat kembali, tidak ingin terlahir ke Alam Sukhavati. Jika bertemu keadaan begini, apa yang harus dilakukan?

Jawab :
Buddha mengajari kita “menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada kebajikan yang dilakukan insan lain”, jika dia masih tidak ikhlas meninggalkan dunia ini maka kita mendoakan agar dia sehat selalu. Dunia ini dipenuhi penderitaan, hidup di dunia ini sungguh tidak bermakna, tidak sudi bertekad lahir ke Alam Sukhavati, ini karena belum memahami kenyataan yang sesungguhnya dari alam semesta dan kehidupan manusia, masih tersesat.

Maka itu Buddha hanya dapat menyelamatkan insan yang berjodoh, ucapan ini sangat penting, saat menjelang ajal menasehatinya melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, andaikata dia bersukacita menerimanya, maka orang ini berjodoh dengan Buddha; jika sebaliknya dia malah tak senang, menggelengkan kepala, tidak ingin mati, maka ini tidak punya jodoh dengan Buddha, jadi jangan memaksanya.

Bahkan banyak praktisi yang sepanjang hidupnya melafal Amituofo, saat ajalnya menjelang, tidak sudi pergi, tidak mau melafal Amituofo, ingin orang lain membantunya melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, ini boleh-boleh saja, maka bantulah dia melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, nama Bodhisattva Ksitigarbha mengeliminasi rintangan karma, pokoknya melafal nama Buddha atau Bodhisattva, “sekali melewati telinga, selamanya jadi benih vajra”, hanya saja dalam satu kelahiran ini tidak bisa meraih keberhasilan.
  
Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:曾勸一晚期癌症病人念佛求生淨土,有人認為助念是希望身體康復,不想求生淨土。請問遇到這種情況該怎麼辦?
答:佛教我們「恆順眾生,隨喜功德」,他還捨不得離開世間,就祝福他健康。這世界很苦,活在世界上實在沒有意思,不求往生,是對宇宙人生真相不了解,還是迷惑狀態。所以「佛度有緣人」,這句話很重要,臨終時提醒他念佛求往生,他要是歡喜,這個人有緣;要是不歡喜,搖搖頭,還不想死,沒有緣,就不能勉強。甚至許多人念佛念了一生,臨終時不想走、不念佛,要人幫忙念觀世音菩薩,那也好,就幫他念觀音菩薩、念地藏菩薩消業障,總是念佛菩薩名號,「一歷耳根,永為道種」,但這一生不能成就。(摘錄自21-326-01

臨終助念答問
淨空法師主講