Minggu, 03 Agustus 2014

Tanya Jawab Zhu Nian 52



Tanya Jawab Seputar Zhu Nian  52

Tanya :
Suamiku sudah 19 tahun menderita kelumpuhan, dua kali penyakitnya gawat dan dilarikan ke rumahsakit untuk mendapat pertolongan darurat, saat pingsan dia melihat neraka dan waktu bangun katanya : “Saya mau ke Alam Sukhavati, saya tidak mau ke neraka”. Namun karena kondisinya lemah, melafal Amituofo juga maju mundur, mohon guru memberi ceramah.

Jawab :
Dia telah melihat neraka, tahu akan siksaan neraka, maka itu tidak sudi ke sana, ingin ke Alam Sukhavati, maka bantulah dia melafal Amituofo. Kondisinya lemah tidak memungkinkan melafal Amituofo, ini bukan masalah, mendengar suara lafalan Amituofo juga boleh. Mesin pelafal Amituofo merupakan alat yang sangat bagus, jika takut mengganggu pasien lainnya, dapat menggunakan earphone dipasangkan ke telinganya; jika dia mudah tertidur, maka besarkan suaranya untuk mengusir rasa kantuknya.

Jika dia mampu ikut melafal maka biarkan dia juga turut melafal Amituofo, jika tidak sanggup maka cukup dengan mendengar saja, asalkan jangan sampai terputus, barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Asalkan memiliki keyakinan, yakni tidak ragu, pikiran terfokus, tidak bercampur dengan lainnya, tidak berkhayal, melepaskan semua kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka hasilnya juga sama.

Sumber :
Tanya Jawab Seputar Zhu Nian
Oleh Master Chin Kung



問:我丈夫癱瘓十九年,病危兩次進醫院搶救,昏迷中見過地獄,醒後說:「我要去極樂世界,不去地獄。」但因身體脆弱,念佛退轉,請老法師開示。
答:他既然看到地獄,知道地獄苦,不願意去地獄,想要去極樂世界,就要幫助他念佛。身體脆弱不能念佛,沒有關係,聽佛號就好。念佛機是個很好的助念工具,如果怕擾亂別人,可以用耳機讓他聽;如果容易昏沉,把聲音開大聲一點,就能把昏沉趕走。能念就跟著念,不能念就聽,不要中斷,這樣才能往生。有信心,就是不懷疑、不夾雜、不打妄想,萬緣放下,一心專念,效果是一樣的。 (摘錄自21-426-01

臨終助念答問
淨空法師主講